Engineering Staff: Job Description, Syarat Melamar, dan Rincian Gaji

staff engineering

SJAP – Pekerjaan sebagai seorang Engineering Staff dalam industri manufaktur adalah sebuah peran yang penting dan menarik dalam dunia teknik dan teknologi. Dalam sebuah perusahaan, Engineering Staff bertanggung jawab untuk mendukung berbagai proyek teknis dan pengembangan produk dengan kemampuan teknis yang kuat dan kreativitas yang inovatif.

Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi secara mendalam tentang apa sebenarnya yang menjadi tugas dan tanggung jawab seorang Engineering Staff, syarat-syarat yang diperlukan untuk melamar posisi tersebut, serta rincian terkait gaji yang biasanya terkait dengan peran ini.

Dengan pemahaman yang mendalam tentang peran ini, calon kandidat dapat lebih siap dan percaya diri dalam mengembangkan karir mereka di bidang teknik dan manufaktur.

Apa Itu Engineering Staff?

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang pekerjaan Engineering Staff, penting untuk memahami apa sebenarnya yang dilakukan oleh seorang Staff Engineering di dalam sebuah perusahaan.

Jabatan ini , yakni  seseorang yang bertanggung jawab untuk mendukung dan melaksanakan proyek-proyek teknis di perusahaan. Mereka bekerja di bawah supervisi insinyur senior atau manajer proyek dan berkontribusi dalam berbagai tahap pengembangan produk atau proyek teknis.

Didalamnya juga terdapat berbagai Posisi, Misalnya seorang Drafter, Seorang Eng Dokumen dan lain sebagainya temasuk supervisor.

Job Description Engineering Staff

Dalam sebuah perusahaan manufaktur, peran seorang Engineering Staff sangat penting untuk mendukung operasi teknis dan pengembangan produk. Ada beberapa tugas dan tanggung jawab yang biasanya diemban oleh seorang Engineering Staff di dalam konteks perusahaan manufaktur:

1. Desain dan Pengembangan Produk

Seorang Engineering Staff akan terlibat dalam proses desain dan pengembangan produk baru atau peningkatan produk yang sudah ada. Mereka akan bekerja sama dengan tim desain untuk menghasilkan gambar teknis, membuat prototipe, dan melakukan uji coba untuk memastikan keandalan dan kualitas produk.

2. Perbaikan dan Pemeliharaan Mesin dan Peralatan

Sebagai bagian dari tim teknis, Engineering Staff bertanggung jawab untuk memelihara dan memperbaiki mesin dan peralatan produksi. Mereka akan melakukan pemeliharaan preventif secara berkala serta merespons cepat terhadap masalah yang muncul untuk meminimalkan waktu henti produksi.

  Staff Administrasi - Tugas, Gaji, dan Jenjang Karir

3. Pengawasan Proses Produksi

Engineering Staff dapat bertugas untuk memantau dan mengoptimalkan proses produksi guna meningkatkan efisiensi dan kualitas produk. Mereka akan melakukan analisis terhadap data produksi untuk mengidentifikasi area-area yang dapat ditingkatkan dan memberikan rekomendasi perbaikan.

4. Implementasi Teknologi Baru

Dalam industri manufaktur yang terus berkembang, Engineering Staff juga akan terlibat dalam implementasi teknologi baru yang dapat meningkatkan efisiensi produksi. Mereka akan melakukan penelitian tentang teknologi terkini dan bekerja sama dengan departemen terkait untuk menerapkan inovasi tersebut di dalam perusahaan.

5. Kepatuhan Regulasi dan Standar Keselamatan

Sebagai bagian dari tim teknis, Engineering Staff juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua proses produksi dan peralatan mematuhi regulasi dan standar keselamatan yang berlaku. Mereka akan bekerja sama dengan departemen kepatuhan untuk memastikan bahwa perusahaan beroperasi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Seorang Engineering Staff memiliki peran yang penting dalam mendukung operasi teknis dan pengembangan produk di dalam sebuah perusahaan manufaktur. Dengan pengetahuan dan keterampilan teknis yang kuat, mereka membantu memastikan bahwa produksi berjalan lancar, efisien, dan memenuhi standar kualitas yang tinggi.

Selain itu, Tugas utama seorang Engineering Staff meliputi, namun tidak terbatas pada:

Seorang Engineering Staff akan terlibat dalam proses perancangan dan pengembangan produk baru atau perbaikan produk yang sudah ada. Mereka akan membantu dalam membuat desain teknis, melakukan analisis, dan menguji prototipe.

Melakukan uji coba dan analisis terhadap produk atau sistem yang dikembangkan. Mereka akan mencatat data, menganalisis hasil, dan memberikan laporan kepada tim teknis.

Selain itu, Engineering Staff juga akan membantu dalam menjalankan proyek-proyek teknis yang sedang berlangsung. Mereka akan bekerja sama dengan tim proyek untuk memastikan proyek berjalan lancar sesuai dengan jadwal dan anggaran yang telah ditetapkan.

Syarat Melamar Posisi Engineering Staff

Untuk melamar posisi sebagai Engineering Staff di sebuah perusahaan manufaktur, biasanya diperlukan beberapa syarat dan kualifikasi tertentu. Berikut adalah beberapa syarat umum yang sering diharapkan oleh perusahaan:

1. Gelar Sarjana (S1) dalam Bidang Teknik

Sebagian besar perusahaan manufaktur membutuhkan kandidat yang memiliki gelar sarjana (S1) dalam bidang teknik yang relevan, seperti Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, atau bidang lain yang terkait.

2. Pengetahuan dan Keterampilan Teknis yang Relevan

Kandidat yang diinginkan harus memiliki pengetahuan yang kuat dalam bidang teknik yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Mereka harus memahami konsep-konsep dasar dalam bidang tersebut dan memiliki keterampilan yang diperlukan untuk menjalankan tugas-tugas teknis.

3. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Seorang Engineering Staff harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, baik secara lisan maupun tertulis. Mereka akan sering berinteraksi dengan anggota tim lainnya, manajemen, dan pihak-pihak terkait lainnya, sehingga kemampuan untuk menyampaikan informasi dengan jelas dan efektif sangat penting.

  General Manager, Tugas, Lulusan, Jobdesk, dan Gajinya

4. Keterampilan Analitis

Kemampuan untuk menganalisis data, mengidentifikasi masalah, dan menemukan solusi secara efisien merupakan hal yang sangat penting dalam peran sebagai Engineering Staff. Kandidat harus memiliki kemampuan analitis yang kuat untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas teknis dengan baik.

5. Pengalaman Kerja yang Relevan (Opsional)

Meskipun tidak selalu merupakan persyaratan mutlak, memiliki pengalaman kerja sebelumnya dalam industri manufaktur atau bidang teknik yang relevan dapat menjadi nilai tambah dalam melamar posisi Engineering Staff.

6. Kepatuhan dan Keselamatan Kerja

Kandidat diharapkan memiliki pemahaman tentang peraturan keselamatan kerja dan standar kepatuhan yang berlaku di industri manufaktur. Mereka harus siap untuk mematuhi semua peraturan tersebut demi menjaga keselamatan dan kesejahteraan tim dan lingkungan kerja.

Gaji Staff Engineering

Gaji seorang Staff Engineering dalam industri manufaktur dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk pengalaman kerja, tingkat pendidikan, lokasi geografis, ukuran perusahaan, dan jenis industri tempat mereka bekerja. Meskipun tidak ada angka pasti yang dapat diberikan, berikut adalah perkiraan gaji yang dapat menjadi acuan:

1. Gaji Awal

Untuk seorang Staff Engineering yang baru lulus atau memiliki pengalaman kerja kurang dari 2 tahun, gaji awalnya mungkin berkisar antara 5 hingga 10 juta rupiah per bulan, tergantung pada faktor-faktor yang disebutkan sebelumnya.

2. Pengalaman Menengah

Bagi Staff Engineering dengan pengalaman kerja antara 2 hingga 5 tahun, gaji mereka kemungkinan akan meningkat menjadi sekitar 10 hingga 20 juta rupiah per bulan, tergantung pada kemampuan dan prestasi mereka serta kompleksitas peran yang diemban.

3. Pengalaman Lanjutan

Staff Engineering dengan pengalaman lebih dari 5 tahun atau yang telah mencapai tingkat senioritas dalam perusahaan mungkin dapat menghasilkan antara 20 hingga 30 juta rupiah atau lebih per bulan, tergantung pada tanggung jawab dan kontribusi mereka dalam proyek-proyek teknis dan pengembangan produk.

4. Faktor-faktor Tambahan

Selain faktor pengalaman dan tingkat pendidikan, ada beberapa faktor tambahan yang dapat mempengaruhi gaji seorang Staff Engineering, seperti sertifikasi tambahan, kemampuan bahasa asing, dan kemampuan khusus dalam bidang tertentu seperti otomatisasi, robotika, atau teknologi digital.

Gaji seorang Staff Engineering dalam industri manufaktur bisa bervariasi secara signifikan tergantung pada berbagai faktor. Namun, secara umum, mereka dapat mengharapkan kompensasi yang kompetitif yang mencerminkan tingkat pendidikan, pengalaman, dan kontribusi mereka dalam menjalankan tugas-tugas teknis dan pengembangan produk di perusahaan.

Posisi sebagai Engineering Staff menawarkan peluang yang menarik bagi individu yang tertarik dengan dunia teknologi dan ingin terlibat dalam pengembangan produk dan proyek teknis. Dengan memenuhi syarat yang diperlukan dan memiliki kemampuan yang relevan, seseorang dapat membangun karir yang sukses dan memuaskan sebagai seorang Engineering Staff.

Related posts