Staff Accounting: Tugas, Syarat, dan Potensi Gajinya

staff Accounting

SJAP – Dunia kerja memang penuh warna, terutama ketika kita berbicara tentang profesi yang satu ini: Staff Accounting. Profesi ini bukan hanya tentang angka dan laporan, tapi juga tentang bagaimana mengelola keuangan dengan baik dan benar.

Nah, bagi kamu yang penasaran atau bahkan tertarik untuk terjun ke dalam dunia akuntansi, yuk, kita ulas lebih dalam tentang apa saja sih yang dilakukan oleh seorang Staff Accounting, syarat apa saja yang harus dipenuhi, dan tentu saja, berapa sih kisaran gajinya?

Apa Itu Staff Accounting?

Staff Accounting, dalam istilah yang lebih sederhana, adalah posisi pekerjaan di bidang akuntansi yang bertugas mengelola dan merawat aspek keuangan sebuah perusahaan. Mereka berperan penting dalam mencatat, menganalisis, dan melaporkan transaksi keuangan perusahaan, serta menjaga agar keuangan perusahaan tetap sehat dan teratur.

Bayangkan saja, setiap kali sebuah transaksi keuangan terjadi di perusahaan, entah itu pembayaran tagihan, penerimaan pembayaran dari pelanggan, atau investasi keuangan lainnya, Staff Accounting bertanggung jawab untuk mencatatnya dengan teliti dalam sistem akuntansi perusahaan. Mereka juga harus memastikan bahwa setiap catatan keuangan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku dan tidak ada kekeliruan yang terjadi.

Selain itu, Staff Accounting juga bertugas untuk menyusun laporan keuangan secara berkala, seperti laporan laba rugi, neraca, dan arus kas. Laporan-laporan ini sangat penting karena menjadi acuan bagi manajemen perusahaan dalam membuat keputusan strategis. Dengan informasi yang akurat dan terpercaya dari Staff Accounting, manajemen dapat melihat gambaran yang jelas tentang kinerja keuangan perusahaan dan merencanakan langkah-langkah yang tepat untuk pertumbuhan dan pengembangan bisnis.

Jadi, bisa dikatakan bahwa Staff Accounting adalah tulang punggung dalam menjaga stabilitas dan kesehatan keuangan sebuah perusahaan. Mereka bukan hanya sekadar “penjaga angka,” tapi juga pemegang kunci dalam menyediakan informasi yang penting bagi kelangsungan hidup dan pertumbuhan perusahaan.

Tugas dan Tanggung Jawab Staff Accounting

Penasaran Apa Job Desc Staff Akunting?

Tugas dan tanggung jawab seorang Staff Accounting meliputi serangkaian pekerjaan yang penting untuk menjaga keseimbangan dan kelancaran keuangan perusahaan. Mari kita bahas lebih lanjut:

1. Mengelola Buku Besar

Salah satu tugas utama seorang Staff Accounting adalah mengelola buku besar perusahaan.

Buku besar ini merupakan kumpulan catatan transaksi keuangan perusahaan yang mencakup semua akun, mulai dari pembelian, penjualan, hingga transaksi lainnya. Pekerjaan melalui mengelola buku besar dengan teliti, Staff Accounting memastikan bahwa setiap transaksi tercatat secara akurat dan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku.

Siap melakukan pekerjaan ini?

2. Membuat Laporan Keuangan

Tidak sampai disana saja. Ada Tanggung Jawab lain sebagai Staff akunting Loh.

Staff Accounting bertanggung jawab untuk menyusun laporan keuangan perusahaan secara berkala. Laporan ini mencakup informasi tentang kinerja keuangan perusahaan dalam periode tertentu, seperti laporan laba rugi, neraca, dan arus kas.

  Supervisor Apa Tugas, Fungsi, dan Tanggung Jawabnya

Laporan keuangan ini menjadi acuan penting bagi manajemen perusahaan dalam membuat keputusan strategis, serta bagi pihak eksternal seperti investor dan kreditur untuk mengevaluasi kesehatan keuangan perusahaan.

Menghitung Pajak

Yap, Disisi lain dalam departemen Akunting juga ada yang menangani bagian pajak.

Pajak merupakan aspek penting dalam keuangan perusahaan, dan Staff Accounting bertanggung jawab untuk menghitung jumlah pajak yang harus dibayar oleh perusahaan. Mereka harus memahami peraturan perpajakan yang berlaku dan menghitung pajak dengan akurat agar perusahaan tidak terkena sanksi atau denda dari pihak berwenang.

Menangani Pengeluaran dan Penerimaan

Job desc Lainnya juga menangani pengeluaran atau penerimaan setiap transaksi di sebuah perusaahan.

Setiap transaksi keuangan perusahaan, baik itu pengeluaran maupun penerimaan, harus dicatat dengan benar oleh Staff Accounting. Mereka harus memastikan bahwa setiap transaksi tercatat dalam sistem akuntansi perusahaan dengan tepat dan akurat, sehingga informasi keuangan yang dihasilkan dapat dipercaya dan digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan.

Namun perlu saya garis bawahi bahwa job desc Staff Akunting diatas biasanya juga dilakukan tidak seorang diri. ya, Ada team yang sudah diarahkan ke setiap pekerjaannya.

Dengan melaksanakan tugas dan tanggung jawab ini dengan baik, Staff Accounting membantu menjaga kelancaran dan kesehatan keuangan perusahaan. Mereka adalah pilar yang kuat dalam tim keuangan perusahaan, yang berperan penting dalam menciptakan nilai dan pertumbuhan bagi perusahaan.

Syarat Melamar sebagai Staff Accounting

Bagaimana Cara melamar dan Syarat menjadi Staff Akunting sih? Ya., Itu pertanyaan yang mungkin saja datang pada mereka yang baru lulus kuliah atau belum pernah bekerja menjadi staff akunting di pabrik atau perusahaan.

Untuk melamar sebagai seorang Staff Accounting, terdapat beberapa syarat yang umumnya diharapkan oleh perusahaan. Berikut adalah beberapa syarat yang biasanya dipertimbangkan:

1. Pendidikan Minimal D3 Akuntansi atau Keuangan

Syarat pertama ini biasanya menjadi hal penting,

Nah, Salah satu syarat utama untuk melamar sebagai Staff Accounting adalah memiliki latar belakang pendidikan yang relevan, minimal adalah gelar Diploma 3 (D3) di bidang akuntansi atau keuangan.

Pendidikan ini memberikan pemahaman yang kuat tentang prinsip-prinsip akuntansi dan keuangan yang diperlukan untuk menjalankan tugas-tugas sebagai Staff Accounting. Disamping itu, buat kalian yang lulusan SMK, Tidak perlu kecil hati. Jika Sudah punya pengalaman menjadi Akunting, tentu saja bisanya bisa melamar untuk posisi ini.

Menguasai Komputer dan Software Akuntansi

Di era digital seperti sekarang, kemampuan dalam menggunakan komputer dan software akuntansi menjadi sangat penting.

Calon Staff Accounting diharapkan memiliki kemampuan yang baik dalam mengoperasikan software akuntansi seperti QuickBooks, Zahir, atau software lainnya. Kemampuan ini membantu dalam mengelola dan menganalisis data keuangan perusahaan dengan lebih efisien.

Memiliki Kemampuan Analisis yang Baik

Seorang Staff Accounting harus memiliki kemampuan analisis yang baik untuk dapat menginterpretasikan data keuangan perusahaan dengan tepat. Kemampuan ini memungkinkan mereka untuk membuat keputusan yang cerdas berdasarkan informasi keuangan yang tersedia, serta membantu dalam mengidentifikasi tren atau masalah potensial yang perlu diatasi.

  Apa Itu Procurement, Dari Deskripsi Pekerjaan hingga Gaji

Keterampilan Komunikasi yang Baik

Keterampilan komunikasi yang baik juga menjadi hal penting bagi seorang Staff Accounting.

Mereka seringkali harus berinteraksi dengan berbagai pihak dalam perusahaan, seperti manajemen, tim keuangan, atau departemen lain. Kemampuan untuk menyampaikan informasi dengan jelas dan efektif dapat membantu dalam menjalankan tugas-tugas mereka dengan lebih baik.

Kedisiplinan dan Ketelitian

Kedisiplinan dan ketelitian adalah dua karakteristik penting yang harus dimiliki oleh seorang Staff Accounting. Mereka harus dapat bekerja dengan teliti dan akurat dalam mencatat setiap transaksi keuangan perusahaan, serta mematuhi semua prosedur dan kebijakan yang berlaku.

Apabila memenuhi syarat-syarat di atas, calon Staff Accounting dapat meningkatkan peluang mereka untuk diterima bekerja di perusahaan dan menjalani karir yang sukses dalam bidang akuntansi dan keuangan.

Kisaran Gaji Staff Accounting

Berbicara tentang gaji Staff Accounting, kisarannya bisa bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk pengalaman, lokasi, ukuran perusahaan, dan kualifikasi pendidikan. Namun, untuk memberikan gambaran umum, mari kita lihat kisarannya berdasarkan data yang tersedia:

  1. Pengalaman: Gaji seorang Staff Accounting seringkali berkorelasi dengan tingkat pengalamannya. Sebagai contoh, seorang Staff Accounting dengan pengalaman kerja yang lebih lama biasanya akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi daripada seorang yang baru memulai karirnya.
  2. Lokasi: Lokasi geografis juga memengaruhi kisaran gaji Staff Accounting. Misalnya, gaji untuk Staff Accounting di daerah perkotaan seperti Jakarta atau Surabaya cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan daerah yang lebih terpencil.
  3. Ukuran Perusahaan: Besar kecilnya perusahaan tempat seorang Staff Accounting bekerja juga dapat memengaruhi gaji yang mereka terima. Perusahaan besar cenderung memiliki lebih banyak sumber daya keuangan sehingga dapat menawarkan gaji yang lebih tinggi daripada perusahaan kecil atau startup.
  4. Kualifikasi Pendidikan: Tingkat pendidikan juga dapat memengaruhi besarnya gaji Staff Accounting. Mereka yang memiliki gelar pendidikan lebih tinggi, seperti Sarjana (S1) atau bahkan Magister (S2) di bidang akuntansi atau keuangan, mungkin mendapatkan gaji yang lebih tinggi daripada mereka yang hanya memiliki gelar D3.

Berdasarkan data yang ada, kisaran gaji Staff Accounting di Indonesia pada tahun 2024 diperkirakan antara Rp 4.000.000 hingga Rp 7.000.000 per bulan. Namun, perlu diingat bahwa angka ini bersifat estimasi dan bisa berbeda tergantung pada faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya.

Sementara gaji merupakan salah satu faktor yang penting, penting juga untuk mempertimbangkan kesempatan untuk pertumbuhan karir, manfaat tambahan, dan lingkungan kerja saat memilih pekerjaan. Dengan demikian, selain memperhatikan kisaran gaji, calon Staff Accounting juga sebaiknya mempertimbangkan faktor-faktor lainnya untuk memilih pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi mereka.

Kesimpulan

Menjadi Staff Accounting memang bukan pekerjaan yang mudah, tapi ini adalah profesi yang sangat penting dalam dunia bisnis. Dengan tugas-tugas yang menantang, syarat yang harus dipenuhi, dan potensi gaji yang menarik, profesi ini bisa menjadi pilihan karir yang menjanjikan bagi kamu yang memiliki ketertarikan di bidang akuntansi dan keuangan. Jadi, siapkah kamu untuk mengambil tantangan ini?

Related posts