Apa itu IT Support, Tugas dan Tanggung Jawab, Syarat Melamar, Gajinya

IT Support

Sjap – Dalam artikel ini, kami akan membahas segala hal tentang IT Support, termasuk tugas dan tanggung jawabnya, syarat yang diperlukan untuk melamar pekerjaan ini, serta perkiraan gaji yang dapat diharapkan.

Jadi, IT Support merupakan posisi yang penting dalam sebuah perusahaan, bertanggung jawab dalam memberikan dukungan teknis terkait sistem komputer dan jaringan.

Mari Kita Simak Selengkapanya..

Apa itu IT Support?

Banyak yang Masih bingung, Disini kami akan membahas definisi dan peran penting IT Support dalam sebuah perusahaan. IT Support adalah tim atau individu yang bertanggung jawab dalam menyediakan bantuan teknis, pemecahan masalah, dan dukungan kepada pengguna perangkat keras dan perangkat lunak dalam suatu organisasi.

IT Support juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan infrastruktur IT berfungsi dengan baik, melakukan instalasi dan konfigurasi perangkat, serta memberikan pelatihan kepada pengguna tentang penggunaan peralatan teknologi.

Peran IT Support sangat vital karena mereka menjadi jembatan antara pengguna dan teknologi. Mereka membantu pengguna mengatasi masalah teknis, memberikan panduan penggunaan, dan memastikan bahwa sistem IT tetap berjalan lancar.

Penting untuk tidak mengacaukan peran IT Support dengan IT Helpdesk. IT Helpdesk cenderung fokus pada layanan dukungan pelanggan untuk masalah umum seperti pemulihan kata sandi, permintaan perubahan data, dan pertanyaan umum tentang perangkat lunak dan perangkat keras yang sudah ada.

Tugas dan Tanggung Jawab IT Support

Jadi, Karyawan atau Jabatan  IT Support memiliki tanggung jawab yang penting dalam menjaga kelancaran operasional sistem komputer dan jaringan di sebuah perusahaan.

Apa saja sih Tugasnya, Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab yang biasanya diemban:

  1. Pemecahan Masalah: Tentu harus mampu mengidentifikasi dan memecahkan berbagai masalah teknis yang mungkin terjadi. Mereka harus memiliki pemahaman yang baik tentang perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan komputer untuk dapat mendiagnosis dan memperbaiki masalah dengan cepat dan efektif.
  2. Instalasi Perangkat Lunak: Staff IT  juga bertanggung jawab untuk menginstal, mengonfigurasi, dan memperbarui perangkat lunak di komputer pengguna. Mereka harus memiliki pengetahuan tentang berbagai aplikasi dan sistem operasi agar dapat memberikan dukungan teknis yang memadai dalam hal instalasi dan penggunaan perangkat lunak.
  3. Dukungan Teknis: Harus siap memberikan dukungan teknis kepada pengguna. Hal ini mencakup membantu pengguna dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak, menjawab pertanyaan-pertanyaan teknis, dan memberikan solusi bagi masalah yang mungkin timbul.

Melalui pemecahan masalah, instalasi perangkat lunak, dan dukungan teknis kepada pengguna, Jabatan IT Support memainkan peran penting dalam menjaga kelancaran operasional sistem IT di suatu perusahaan.

“Sebagai seorang IT Support, kami harus siap untuk mengatasi berbagai masalah teknis yang muncul, dengan memiliki pemahaman yang mendalam tentang perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan komputer. Dukungan kami kepada pengguna sangat penting dalam menjaga produktivitas dan keamanan sistem IT di perusahaan.”

TugasTanggung Jawab
1. Pemecahan MasalahMengidentifikasi dan memperbaiki masalah teknis.
2. Instalasi Perangkat LunakMenginstal, mengonfigurasi, dan memperbarui perangkat lunak di komputer pengguna.
3. Dukungan TeknisMemberikan dukungan teknis kepada pengguna dan menjawab pertanyaan-pertanyaan teknis.

Kualifikasi dan Syarat Melamar sebagai IT Support

Dalam industri IT, menjadi seorang IT Support membutuhkan kualifikasi dan syarat tertentu demi memperoleh pekerjaan yang diinginkan. Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang biasanya diperlukan ketika melamar sebagai IT Support.

  1. Pendidikan: Sebagian besar perusahaan membutuhkan setidaknya gelar sarjana di bidang teknologi informatika, komputer, atau disiplin ilmu terkait. Gelar ini membuktikan bahwa Anda memiliki pemahaman dasar tentang teknologi.
  2. Pengalaman: Beberapa perusahaan mungkin membutuhkan pengalaman kerja sebelumnya dalam dukungan IT. Pengalaman ini dapat didapatkan melalui magang, pekerjaan paruh waktu, atau pekerjaan sebelumnya di departemen IT.
  3. Pemecahan Masalah: Kemampuan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah teknis dengan cepat dan efektif adalah kualifikasi penting bagi seorang IT Support. Bukti pengalaman dalam pemecahan masalah dapat menjadi nilai tambah dalam melamar pekerjaan ini.
  4. Kemampuan Komunikasi: Sebagai IT Support, Anda akan berinteraksi dengan pengguna yang memiliki pemahaman teknologi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kemampuan komunikasi yang baik sangat penting untuk menjelaskan masalah teknis dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pengguna.
  5. Pemahaman tentang Jaringan Komputer: Pengetahuan dasar tentang jaringan komputer merupakan kualifikasi yang umum dibutuhkan. Anda harus memahami konsep dasar jaringan dan protokol yang digunakan untuk menghubungkan perangkat.

Jadi, Apakah kamu tertarik Menjadi IT Support?

Apabila Merasa memenuhi persyaratan ini, Maka Jelas meningkatkan peluang  kalian untuk mendapatkan pekerjaan sebagai IT Support. Penting untuk menggarisbawahi kualifikasi yang relevan sesuai pekerjaan ini dalam resume dan surat lamaran Anda.

Quality Control (QC) di Pabrik, Kerjanya Apa dan Gajinya berapa

Keahlian dan Kemampuan yang Dibutuhkan Menjadi IT Support

Untuk menjadi seorang IT Support yang sukses, dibutuhkan sejumlah keahlian dan kemampuan khusus dalam bidang ini. Berikut beberapa hal yang perlu dikuasai oleh seorang IT Support:

1. Pemahaman tentang Sistem Operasi

Sebagai IT Support, penting untuk memiliki pemahaman mendalam tentang berbagai jenis sistem operasi, termasuk Windows, macOS, dan Linux. Kemampuan untuk mengelola dan menyelesaikan masalah pada sistem operasi ini akan sangat berguna dalam menangani permintaan dan masalah dari pengguna.

2. Memahami Jaringan Komputer

Seorang IT Support juga harus menguasai konsep-konsep dasar jaringan komputer. Ini termasuk pemahaman tentang topologi jaringan, protokol komunikasi, dan pemecahan masalah jaringan. Dengan pemahaman yang baik tentang jaringan komputer, seorang IT Support dapat membantu pengguna dengan mengatasi masalah koneksi dan mengoptimalkan kinerja jaringan.

3. Pemecahan Masalah Teknis

Keahlian dalam pemecahan masalah teknis merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki oleh seorang IT Support.

Dalam lingkungan kerja yang seringkali penuh dengan tantangan teknis, kemampuan untuk menganalisis masalah, mencari solusi, dan mengimplementasikan perbaikan adalah keterampilan yang sangat berharga. Seorang IT Support harus dapat dengan cepat mengidentifikasi akar permasalahan dan memberikan solusi yang efektif.

  General Manager, Tugas, Lulusan, Jobdesk, dan Gajinya

4. Keterampilan Komunikasi dan Pelanggan

Seorang IT Support juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, baik secara lisan maupun tulisan. Kemampuan untuk menjelaskan konsep teknis secara jelas kepada pengguna non-teknis adalah keterampilan yang sangat berharga dalam membantu pengguna memahami dan mengatasi masalah mereka.

Selain itu, kemampuan dalam berinteraksi dengan pengguna dan memastikan layanan pelanggan yang baik juga penting untuk kesuksesan seorang IT Support dalam mendukung pengguna.

5. Keingintahuan dan Fleksibilitas

Sebagai seorang IT Support, perubahan dan inovasi teknologi adalah hal yang selalu ada. Oleh karena itu, keingintahuan dan fleksibilitas dalam belajar dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi baru adalah faktor penting untuk sukses di bidang ini. Seorang IT Support yang aktif mengikuti perkembangan teknologi terbaru akan dapat memberikan solusi dan dukungan yang efektif kepada pengguna.

Jadi, keahlian dan kemampuan yang dibutuhkan sebagai seorang IT Support meliputi pemahaman tentang sistem operasi, jaringan komputer, pemecahan masalah teknis, keterampilan komunikasi dan pelanggan, serta keingintahuan dan fleksibilitas dalam mengikuti perkembangan teknologi.

Dengan menguasai hal-hal ini, Kalian bisa menjadi seorang IT Support yang sukses dan terampil dalam memberikan dukungan kepada pengguna.

Operator Produksi, kerjanya ngapain dan berapa Gajinya

Jenis Perusahaan yang Membutuhkan IT Support

Jelas Hampir semua Perusahaan..

IT Support merupakan peran yang sangat penting dalam berbagai jenis perusahaan Nasional, Internasional berbagai sektor bisnis. Banyak perusahaan yang bergantung pada sistem teknologi informasi mereka untuk menjalankan operasi sehari-hari. Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan ini harus memiliki tim IT Support yang kompeten dan handal untuk menjaga sistem mereka tetap berjalan dengan baik.

Perusahaan teknologi terkemuka seperti Microsoft, Google, dan Apple adalah contoh perusahaan yang jelas membutuhkan layanan IT Support. Perusahaan-perusahaan ini memiliki infrastruktur teknologi yang kompleks dan harus dapat memberikan dukungan teknis kepada karyawan mereka agar dapat bekerja secara efisien.

Tidak hanya perusahaan teknologi, perusahaan-perusahaan di berbagai industri juga membutuhkan layanan IT Support. Perusahaan manufaktur, perusahaan keuangan, dan perusahaan komunikasi semua memanfaatkan teknologi informasi untuk menjalankan bisnis mereka. Mereka membutuhkan seseorang yang dapat membantu mereka mengatasi masalah teknis, mengamankan jaringan mereka, dan memastikan sistem mereka berjalan dengan lancar.

Juga, perusahaan kecil dan menengah (UKM) sering kali membutuhkan layanan IT Support. Meskipun mereka mungkin tidak memiliki infrastruktur teknologi yang sebesar perusahaan besar, tetapi mereka tetap membutuhkan dukungan untuk menjalankan sistem dan perangkat lunak mereka. Staff IT  akan membantu mengatasi masalah sekecil apapun, memastikan UKM dapat beroperasi dengan lancar dan efisien.

Pentingnya IT Support bagi Perusahaan

Ketika sistem teknologi informasi menghadapi masalah atau gangguan, dampaknya bisa sangat merugikan bagi perusahaan. Bisnis dapat mengalami gangguan operasional, penurunan produktivitas, dan bahkan kerugian finansial yang signifikan jika tidak ada dukungan yang memadai. Inilah sebabnya mengapa perusahaan yang serius akan memprioritaskan keberadaan IT Support yang handal.

IT Support adalah sumber daya yang mengerti tentang teknologi, pemecahan masalah, dan dukungan teknis yang diperlukan. Mereka akan berupaya dengan cepat mengidentifikasi dan memperbaiki masalah, mengoptimalkan kinerja sistem, dan menyediakan bantuan teknis yang diperlukan. Dengan adanya IT Support, perusahaan dapat menghindari gangguan yang tidak diinginkan dan melindungi aset bisnis mereka.

IndustriContoh
TeknologiMicrosoft, Google, Apple
ManufakturToyota, Samsung, BMW
KeuanganBank of America, JPMorgan Chase, HSBC
KomunikasiAT&T, Verizon, Telkomsel
UKMToko roti lokal, agen perjalanan wisata, toko baju online

Jadi, tidak peduli jenis perusahaan apa yang Anda cari pekerjaan, kemungkinan besar mereka akan membutuhkan IT Support. Dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, profesi ini sangat relevan dan diminati oleh berbagai industri. Jika Anda memiliki minat dan keterampilan di bidang teknologi, menjadi IT Support bisa menjadi pilihan karir yang menarik.

Prospek Karir

Sebagai seorang IT Support, kalian memiliki prospek karir yang cerah dan menjanjikan. Dalam era digital ini, setiap perusahaan membutuhkan dukungan teknis yang handal untuk menjaga infrastruktur IT mereka berjalan lancar. Seiring dengan permintaan yang terus meningkat, peluang untuk kemajuan dan pengembangan karir di bidang ini pun semakin luas.

Kemajuan Karir

Memiliki peluang untuk naik pangkat dan mengambil peran yang lebih senior. Dengan pengalaman yang terus bertambah, kamu bisa memperluas keterampilan dan menjadi seorang spesialis dalam bidang tertentu, seperti jaringan komputer, keamanan informasi, atau dukungan pengguna. Sebagai seorang senior IT , Anda juga dapat menjadi pemimpin tim atau mengambil tanggung jawab manajerial.

Pengembangan Karir

Industri IT terus berkembang dengan cepat, dan sebagai IT Support, kalian dapat terus belajar dan mengikuti perkembangan teknologi terbaru. Dengan mengembangkan keterampilan dan pengetahuan Anda, Anda dapat membuka peluang untuk bergeser ke posisi yang lebih tinggi, seperti IT Manager, IT Consultant atau bahkan bersiap untuk menjadi seorang IT Director.

“Menjadi IT Support tidak hanya tentang memperbaiki masalah teknis, tetapi juga tentang beradaptasi dengan perubahan dan menjadi solusi bagi perusahaan.”

– David Johnson, IT Manager at ABC Company

Hal-hal ini menunjukkan bahwa prospek karir sebagai IT Support sangat menjanjikan. Dengan komitmen untuk terus belajar dan mengembangkan diri, serta kemampuan untuk menghadapi tantangan dalam industri ini, Anda dapat mencapai kesuksesan dan kemajuan yang signifikan dalam karir Anda.

Gaji Rata-rata IT Support

Ini Bagian Menarik! salah satu pertimbangan penting saat melamar pekerjaan adalah gaji yang dapat diharapkan. Gaji IT Support dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk kualifikasi, lokasi, pengalaman kerja, dan ukuran perusahaan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap perusahaan-perusahaan di industri ini, gaji rata-rata seorang IT Support berkisar antara Rp5.000.000 hingga Rp10.000.000 per bulan. Tentu saja, gaji ini dapat berbeda-beda tergantung pada faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya.

Perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di bidang teknologi atau perusahaan multinasional cenderung memberikan gaji yang lebih tinggi kepada para IT Support mereka, terutama jika pekerjaan tersebut membutuhkan keahlian khusus atau tanggung jawab tambahan.

Selain gaji pokok, ada juga tunjangan tambahan yang mungkin dapat diperoleh sebagai seorang IT Support, seperti tunjangan kesehatan, tunjangan transportasi, dan tunjangan makan. Tunjangan-tunjangan ini juga dapat mempengaruhi besaran total penghasilan yang diterima setiap bulannya.

Variasi gaji IT Support juga dapat terjadi antara kota satu dengan kota lainnya. Biasanya, di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Bandung, gajinya cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan kota-kota kecil atau daerah pedesaan.

Meskipun begitu, penting untuk diingat bahwa gaji hanyalah salah satu faktor dalam pertimbangan melamar pekerjaan sebagai IT Support. Faktor lain seperti lingkungan kerja, peluang pengembangan karir, dan kepuasan pribadi juga harus dipertimbangkan sebelum membuat keputusan akhir.

  Tanggung Jawab , Syarat dan Gaji Manajer

Salah satu hal yang perlu diingat adalah bahwa gaji IT Support dapat meningkat seiring dengan bertambahnya pengalaman kerja dan pemahaman Anda tentang industri ini. Dengan melengkapi diri dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan, kamu bisa meningkatkan peluang mendapatkan gaji yang lebih tinggi sebagai seorang IT Support.

Di bawah ini adalah gambaran singkat tentang rata-rata gaji IT Support berdasarkan level pengalaman:

Level PengalamanGaji Rata-rata
Entry-level (0-2 tahun)Rp5.000.000 – Rp7.000.000
Menengah (3-5 tahun)Rp7.000.000 – Rp9.000.000
Tingkat lanjut (6+ tahun)Rp9.000.000 – Rp10.000.000

*Catatan: Angka-angka di atas hanya perkiraan dan dapat berbeda tergantung pada perusahaan dan faktor-faktor lainnya.

Tips Sukses dalam Melamar Pekerjaan sebagai IT

Jika kalian tertarik untuk melamar pekerjaan sebagai IT di Sebuah Peruhsaan , berikut ini adalah beberapa tips yang berguna untuk membantu kamu sukses dalam proses melamar:

1. Menyusun Resume yang Menonjol

Salah satu kunci kesuksesan dalam melamar pekerjaan sebagai IT Support adalah menyusun resume yang menonjol. Pastikan untuk mencantumkan pengalaman kerja terkait, keterampilan teknis yang dimiliki, serta hasil yang telah dicapai dalam pekerjaan sebelumnya. Sertakan juga pelatihan atau sertifikasi yang relevan.

2. Menyiapkan Portofolio

Selain resume, kalian  juga perlu menyiapkan portofolio yang berisi contoh kerja atau proyek yang telah diselesaikan. Portofolio ini dapat memberikan gambaran kepada calon pemberi kerja tentang kemampuan dan kualitas kerja Anda sebagai seorang IT Support.

3. Mempersiapkan Diri untuk Wawancara

Sebelum menghadapi wawancara, pastikan mempersiapkan diri dengan baik. Pelajari tentang perusahaan yang kamu lamar, praktik terbaik dalam menjawab pertanyaan wawancara, dan pertimbangkan untuk berlatih dengan teman atau anggota keluarga.

4. Menunjukkan Kemampuan Komunikasi yang Baik

Sebagai seorang IT Support, kemampuan komunikasi yang baik sangat penting. Tunjukkan kemampuan tersebut selama proses wawancara atau seleksi, baik melalui ekspresi wajah, gestur tubuh, maupun cara Anda menyampaikan jawaban.

5. Memiliki Sikap yang Proaktif dan Percaya Diri

Menjadi seorang IT Support membutuhkan sikap yang proaktif dan percaya diri dalam menghadapi berbagai tantangan dan pemecahan masalah teknis. Saat melamar pekerjaan, tunjukkan kepada calon pemberi kerja bahwa Anda memiliki kualitas tersebut dengan memberikan contoh nyata dari pengalaman kerja sebelumnya.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat meningkatkan peluang kesuksesan dalam melamar pekerjaan sebagai IT Support. Tetaplah percaya pada diri sendiri dan jangan lupa untuk terus mengembangkan keterampilan teknis dan pengetahuan Anda dalam bidang ini.

Pelatihan dan Sertifikasi IT Support yang Direkomendasikan

Sebagai seorang IT Support, penting untuk terus mengembangkan kemampuan dan kredibilitas Anda di industri ini. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikasi yang relevan dengan pekerjaan Anda. Berikut ini adalah beberapa pelatihan dan sertifikasi IT Support yang kami rekomendasikan:

Pelatihan IT Support Terkemuka

  1. Pelatihan Dasar IT Support: Pelatihan ini akan memberikan pemahaman mendalam tentang peran dan tanggung jawab seorang IT Support. Anda akan belajar tentang pemecahan masalah teknis, instalasi perangkat lunak, dan dukungan teknis kepada pengguna. Beberapa pelatihan yang memiliki reputasi baik dalam bidang ini adalah “IT Support Fundamentals” dan “CompTIA A+.”
  2. Pelatihan Jaringan Komputer: Sebagai seorang IT Support, pemahaman yang kuat tentang jaringan komputer sangat penting. Pelatihan ini akan membantu Anda memahami konsep dasar jaringan, protokol, dan keamanan jaringan. Beberapa pelatihan yang disarankan adalah “CCNA (Cisco Certified Network Associate)” dan “Network+.”
  3. Pelatihan Sistem Operasi: Sebagai IT Support, Anda akan sering berurusan dengan sistem operasi seperti Windows dan macOS. Pelatihan ini akan membantu Anda mengembangkan keterampilan di dalamnya, termasuk instalasi, konfigurasi, dan pemecahan masalah. Beberapa pelatihan yang direkomendasikan adalah “Windows Server Administration Fundamentals” dan “macOS Support Essentials.”

Sertifikasi IT Support yang Populer

“Sertifikasi adalah jalan bagi banyak profesional IT untuk meningkatkan pengakuan dan kredibilitas mereka dalam industri,” kata John Doe, seorang ahli IT Support terkemuka. “Dalam persaingan kerja yang ketat, sertifikasi dapat membuka lebih banyak peluang dan membedakan diri Anda dari pesaing Anda.” Beberapa sertifikasi yang populer untuk IT Support adalah:

  • Sertifikasi CompTIA A+: Sertifikasi ini menguji pengetahuan dan keterampilan dasar dalam pemecahan masalah, jaringan, dan perangkat keras. Ini adalah sertifikasi yang sangat dihargai dan diakui di industri IT.
  • Sertifikasi Microsoft Certified: Microsoft memiliki sejumlah sertifikasi untuk profesional IT, termasuk “Microsoft Certified Solutions Associate (MCSA)” dan “Microsoft Certified Solutions Expert (MCSE).” Sertifikasi ini menunjukkan keahlian dalam produk dan teknologi Microsoft.
  • Sertifikasi Cisco Certified Network Associate (CCNA): Sertifikasi ini berfokus pada pengetahuan dan keterampilan dalam jaringan komputer. Ini adalah sertifikasi yang sangat dihargai bagi mereka yang berencana bekerja dengan jaringan.

Sebelum memutuskan pelatihan atau sertifikasi mana yang ingin Anda ikuti, penting untuk melakukan penelitian dan mempertimbangkan kebutuhan dan tujuan karir Anda. Pelatihan dan sertifikasi yang direkomendasikan dapat membantu Anda memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang IT Support yang sukses dan profesional yang dihargai di industri ini.

Pelatihan IT Support TerkemukaSertifikasi IT Support yang Populer
Pelatihan Dasar IT SupportSertifikasi CompTIA A+
Pelatihan Jaringan KomputerSertifikasi Microsoft Certified
Pelatihan Sistem OperasiSertifikasi Cisco Certified Network Associate (CCNA)

Segini Loh Gaji PT Sumberdaya Sewatama

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas segala hal tentang karir sebagai IT Support, termasuk tugas dan tanggung jawab yang harus diemban, syarat yang diperlukan untuk melamar pekerjaan ini, serta perkiraan gaji yang dapat diharapkan. Informasi yang kami berikan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang industri ini bagi Anda yang tertarik untuk menjalani karir sebagai IT Support.

Sebagai IT Support, Anda berperan penting dalam menyediakan dukungan teknis kepada pengguna dan membantu memecahkan masalah teknis yang mungkin muncul dalam perusahaan atau organisasi. Keahlian dalam pemahaman tentang sistem operasi, jaringan komputer, dan pemecahan masalah teknis adalah kunci untuk berhasil dalam peran ini.

Jenis perusahaan yang memerlukan layanan IT Support sangat beragam, mulai dari perusahaan besar hingga perusahaan kecil dan menengah. Prospek karir dalam bidang ini juga cukup baik, dengan peluang untuk kemajuan dan pengembangan karir yang dapat diikuti.

Demikianlah informasi yang kami sampaikan mengenai karir sebagai IT Support. Kami berharap informasi ini bermanfaat bagi Anda dan dapat membantu menjawab sebagian pertanyaan yang Anda miliki tentang industri ini.

Related posts