Yuk Ketahui Syarat Makanan Kaleng yang Baik untuk Dikonsumsi

Yuk Ketahui Syarat Makanan Kaleng yang Baik Dikonsumsi

Makanan kaleng sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia sejak puluhan tahun yang lalu. Tujuan dibuat demikian agar memperpanjang waktu simpan bahan makanan. Banyak sekali jenis makanan kalengan, mulai dari sayur, daging hingga kacang-kacangan.

Namun pernahkah Anda berpikir, kira-kira bagaimana sih syarat makanan kaleng yang baik dan layak untuk dikonsumsi? Jika belum, menyimak pembahasan ini dari awal hingga akhir adalah pilihan yang tepat.

Makanan Kaleng yang Baik, Harus Penuhi 5 Syarat Makanan Ini!

Anda pasti tahu bahwa kelebihan makanan kaleng adalah praktis, kemasan yang kedap air dan udara serta lebih tahan lama. Namun semua ini akan Anda dapatkan jika memilih yang tepat. Pastikan beberapa syarat di bawah ini terpenuhi ya

1. Bentuk Kaleng yang Masih Rapi dan Tidak Rusak

Pertama kali yang harus Anda lihat adalah bentuk kaleng atau kemasannya. Periksa terlebih dahulu apakah masih rapi atau ada yang rusak. Hal ini dikarenakan jaminan kualitas baik atau buruk isi yang ada di dalamnya tergantung dari kemasan.

Apabila penyok, karatan atau menggelembung bahkan bocor maka besar kemungkinan makanan yang ada di dalamnya sudah terkontaminasi oleh bakteri sehingga basi, jamuran atau berat yang sudah tidak utuh lagi.

Tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan apabila dikonsumsi. Oleh karena itu, Anda harus teliti sebelum membeli ya, pastikan kaleng atau kemasannya baik-baik saja.

2. Tercantum Tanggal Kadaluarsa

Syarat kedua yang harus dipenuhi adalah adanya tanggal kadaluarsa di luar kemasan. Anda harus melihatnya agar tidak terjadi keracunan atau masalah pencernaan lainnya. Apabila tidak terlihat atau buram, lebih baik Anda beralih ke produk yang lain.

Tujuannya tetap sama yaitu agar kesehatan Anda tetap terjaga walaupun mengkonsumsi makanan yang siap saji. Lalu bagaimana jika tanggal kadaluarsanya sudah lewat tapi rasanya masih enak?

Nah ini yang wajib diragukan karena bisa jadi makanan tersebut mengandung bahan pengawet yang tinggi. Tentunya ini tidak dianjurkan baik oleh pemerintah atau tenaga kesehatan profesional.

3. Lulus Uji BPOM dan Bersertifikasi Halal

Makanan kaleng yang baik harus sudah lulus uji BPOM dan ada nomor registrasinya sebagai pertanda bahwa tidak ada zat berbahaya yang akan masuk ke dalam tubuh manusia.

Cek terlebih dahulu melalui website BPOM yang resmi dengan memasukkan nomor registrasi. Jika sistem mendeteksi dan mencantumkan informasi produk makanan kemasan secara detail dan benar, maka aman untuk dikonsumsi.

Hal ini penting dilakukan, mengingat ada beberapa makanan kemasan yang mencantumkan nomor registrasi palsu. Selain itu harus ada sertifikasi halal dari MUI, karena di Indonesia mayoritas adalah beragama Islam, sehingga makanan pantangan harus dihindarkan.

Jangan sampai makanan yang ada di dalam kaleng tersebut mengandung bahan haram, seperti minyak babi, alkohol dan lain sebagainya.

4. Mengikuti Standar Proses GMP, HACCP dan BRCGS

Terakhir berkaitan dengan perusahaan tempat memproduksi masakan rumahan yang dikemas ke dalam kaleng atau plastik. Pastikan mereka sudah menerapkan Good Manufacturing Practices, HACCP dan British Retail Consortium Global System dengan grade AA.

Tujuannya agar benar-benar memastikan keamanan, kehigienisan dan kesempurnaan. Jadi tidak khawatir jika ingin mengkonsumsinya dalam jumlah banyak. Coba buka smartphone Anda dan periksa informasi dari website perusahaan apakah sudah menerapkan ketiga proses ini.

Memilih makanan kaleng, walaupun terlihat gampang ternyata harus dilakukan seteliti mungkin loh. Mengingat Anda harus memperhatikan nutrisi dan gizi apa saja yang akan masuk ke dalam sistem pencernaan.

Saat ini PT. Suryajaya Abadiperkasa telah memproduksi makanan kaleng yang praktis, aman dikonsumsi, dan higienis. Jadi aman dikonsumsi oleh semua kalangan walaupun dalam jumlah banyak.  Jika Anda bingung dimana untuk mendapatkan produk dari PT. Suryajaya Abadiperkasa ini, anda bisa mendapatkannya di swalayan terdekat di kota Anda serta bisa juga melalui Cip Official Store yang ada di TokopediaBukalapak, Shopee, Blibli, Lazada, dan Jd.id.

 

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on print
Share on email