Trik Jitu Memilih Makanan Olahan Kalengan Yang Baik

Trik Jitu Memilih Makanan Olahan Kalengan Yang Baik

Kemajuan teknologi, sedikit banyak telah mempengaruhi indutri bidang pengolahan makanan. Hal ini dapat dibuktikan dengan semakin maraknya makanan yang diolah secara praktis, lantas dijual di pasaran sebagai bentuk makanan olahan instan. Beberapa contoh jenis makanan yang diolah secara praktis ini adalah sosis, kornet kalengan, sarden kalengan, dan lain sebagainya.

Semua makanan yang diolah secara praktis dalam bentuk kaleng ini, tentu harus melalui berbagai proses sebelum akhirnya layak diedarkan di pasaran. Anda yang merupakan konsumen, harus terus waspada dengan beragam makanan olahan instan yang beredar ini. Untuk bisa lebih berhati-hati, Anda perlu memahami beberapa hal.

Beberapa Cara Mudah Kenali Produk Kalengan Yang Baik

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk berhati-hati terhadap produk makanan olahan dalam kaleng. Namun Anda yang masih awam, beberapa cara ini mungkin masih belum dikenali dengan baik. Anda tidak perlu khawatir, berikut di bawah ini beberapa poin penjelasannya yang bisa Anda simak dengan baik :

1. Pastikan Kondisi Kemasan Baik

Kemasan adalah hal yang paling berpengaruh terhadap kualitas makanan yang ada dalam kaleng tersebut. kaleng yang kondisinya berkarat, tentu akan membawa kontaminasi buruk terhadap zat yang ada pada makanan tersebut. Begitupun jika kondisi kaleng tersebut dalam keadaan penyok atau kembung, hal ini bisa mempengaruhi kualitas makanan yang ada dalam kemasan.

 

2. Cek Masa Kadaluarsa

Cara yang satu ini terbilang sangat mudah dikenali. Pasalnya, setiap produk kalengan pasti memiliki masa kadaluarsa pada sisi kemasannya. Cari dan cek tanggal kadaluarsa produk tersebut. Tidak hanya keberadaan tanggal kadaluarsa yang perlu Anda perhatikan. Anda juga harus pastikan tanggal tersebut tercetak secara permanen pada kaleng.

Adapun tanggal kadaluarsa yang hanya dicantumkan menggunakan stiker biasa, sebaiknya jangan membeli produk tersebut. Hal ini karena dikhawatirkan tanggal kadaluarsa tersebut hanya dibuat-buat dan tidak pasti terkait tanggal yang valid.

 

3. Periksa Kode Izin Edar

Makanan olahan yang baik selalu punya nomor izin edar. Hal ini karena akan berpengaruh pada kelayakan produksi makanan atau minuman olahan tersebut. Keamanan produk olahan juga bergantung pada adanya izin edar ini. Kode izin edar ini diberikan oleh BPOM RI.

Setiap produk olahan yang sudah diseleksi oleh BPOM, biasanya memiliki nomor unik yang ada di bagian kemasannya. Selain memiliki nomor unik, tiap produk juga memiliki inisial kode. Inisial kode ini umumnya hanya ada dua, yakni MD dan ML. Untuk semua produk lokal, inisial kodenya adalah MD. Sedangkan untuk produk yang diproduksi dari luar negeri, kode inisialnya adalah ML.

 

4. Sebaiknya Pilih Kemasan Dalam Pendingin

Makanan olahan yang disimpan dalam mesin pendingin, tentu akan lebih awet kualitasnya dibandingan dengan yang tidak. Inilah sebabnyak mengapa banyak tempat belanja swalayan yang menggunakan ruang ber-AC demi menjaga kualitas makanan olahan dalam kaleng yang dijual di dalamnya.

Perlu Anda tahu bahwa makanan kemasan dalam kaleng yang berada dalam suhu yang tinggi, akan menyebabkan kaleng jadi rusak dan kandungan dalam kaleng tersebut mengkontaminasi kualitas makanan olahan yang ada dalam kaleng tersebut.

 

Dari beberapa trik di atas, kini Anda bisa lebih waspada dalam memilih produk olahan berkaleng yang baik dikonsumsi. Salah satu pabrik pengolahan makanan yang punya kualitas bagus adalah PT. SJAP. Dengan berbagai produk olahan kalengan yang diproduksinya, membuat banyak masyarakat berminat membelinya.

SJAP sendiri sudah sejak lama berdiri dan beroperasi dalam bidang pengalengan makanan olahan. Mitra yang bergabung membangun kesuksesannya ada berbagai macam, salah satunya adalah Sari Roti. Untuk mengetahui produk apa saja yang diproduksi, Anda bisa mengunjungi website sjap.co.id. Anda bisa mendapatkan produk kami secara online melalui official store kami di TokopediaBukalapak, dan Shopee.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on print
Share on email