Standar yang Harus Dipenuhi Oleh Pabrik Pengolahan Makanan Kemasan agar Aman Dikonsumsi

Standar yang Harus Dipenuhi Oleh Pabrik Pengolahan Makanan

Perlu diketahui, bahwa revolusi industri 4.0 ini membuat siapapun berbondong-bondong membuat pabrik pengolahan makanan, baik itu kemasan ataupun tidak. Namun yang paling terpenting Anda harus tahu standar apa saja yang harus dipenuhi agar makanan kemasan aman untuk dikonsumsi.

Standar yang Ditetapkan oleh Pemerintah untuk Pabrik Pengolahan Makanan

Tahukah Anda bahwasanya terdapat Standar Sistem Manajemen Keamanan Pangan yang bertujuan untuk menghindari kesalahan dari sebuah pabrik. Hal tersebut harus dipenuhi oleh semua pabrik baik yang berskala nasional maupun multinasional. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

1. Memiliki Saluran Air, Perangkap Limbah dan Lantai yang Halus

Standar atau syarat pertama yang ditetapkan oleh Sistem Manajemen Keamanan Pangan adalah pabrik harus memiliki lantai yang mudah dikeringkan, dibersihkan dan tahan terhadap cairan apapun.

Tidak hanya itu, lantai juga harus memiliki derajat kemiringan yang sesuai agar memudahkan limbah menuju saluran pembuangan walaupun dalam kondisi kerja yang normal.

Tempat pembuangan limbah letaknya harus jauh dari area pengolahan makanan pusat. Tujuannya agar tidak ada yang terkontaminasi baik oleh bakteri, virus ataupun yang lainnya.

2. Memiliki Konstruksi yang Baik (Dinding, Pintu, Langit-Langit dan Partisi)

Selanjutnya pabrik harus memiliki konstruksi yang tahan lama, baik itu dinding, pintu, langit-langit atau partisi. Permukannya harus halus, tahan terhadap cahaya, air serta terjaga selalu kebersihannya.

Selain itu, jarak antara satu dinding dengan lainnya dan dinding dengan lantai harus dirancang sedemikian rupa agar mudah dibersihkan oleh petugas. Tujuannya untuk mencegah terjadinya penumpukan sisa hasil produksi yang menyebabkan makanan kotor.

Desain jendela, frame dan pintu juga harus memenuhi syarat fungsional yaitu padat, terbuat dari kaca dan tahan pecah. Langit-langit juga perlu mendapatkan perhatian khusus, tidak boleh ada aktivitas hama agar mencegah terjadi kontaminasi makanan.

3. Bagian Tangga, Titian dan Platform Harus Terjaga Selalu Kebersihannya

Pengolahan makanan yang berkualitas tidak terlepas dari kebersihan para karyawan pabrik. Termasuk bagian yang krusial yaitu tangga, titian dan platform yang rentan dihuni oleh bakteri atau serangga.

Semua itu harus dirancang sebaik mungkin agar tidak masuk ke dalam makanan yang sedang diolah. Dengan begitu, kehigienisan tetap terjaga hingga sampai ke tangan konsumen.

4. Memiliki Pencahayaan yang Bagus

Pencahayaan dalam pabrik pengolahan makanan kemasan harus memberikan ruang untuk masuknya cahaya matahari dan udara. Pastinya menggunakan bahan yang tahan pecah atau dilengkapi dengan pelindung.

Standar ini ditetapkan dengan tujuan agar staf atau karyawan di dalamnya tetap bisa melaksanakan tugas secara lebih efektif dan efesien. Juga mencegah munculnya jamur lebih cepat pada makanan karena diakibatkan udara yang lembab.

5. Area Inspeksi dengan Fasilitas Lengkap

Standar selanjutnya adalah area inspeksi harus menyediakan fasilitas yang lengkap untuk pemeriksaan produk. Terdapat tempat cuci tangan, penerangan dan pencahayaan yang cukup untuk memudahkan karyawan memeriksa produk secara keseluruhan dengan SOP yang berlaku.

6. Memiliki Perangkat Pencegah Lalat, Hama dan Debu

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwasanya pabrik pengolahan makanan kemasan harus terlindung dari lalat, hama dan debu. Ada beberapa metode yang bisa digunakan yaitu insect killer, air curtain, screen kedap lalat, penutup tambahan dan perangkat self-closing.

7. Ventilasi Udara

Walaupun harus menutup diri dari lalat, hama dan debu namun ventilasi juga perlu diperhatikan. Pabrik harus menyediakan kanopi atau kipas extractor yang diletakkan di tempat memasak. Tujuannya agar menjaga sistem tekanan udara dan mencegah terjadinya kontaminasi.

Anda sudah paham kan standar apa saja yang diterapkan oleh pabrik pengalengan makanan kemasan. Oleh karena itu, pilihlah yang benar-benar memenuhi standar di atas, seperti PT Suryajaya Abadiperkasa. Jangan ragu lagi untuk mengonsumsi hasil olahannya, bersih dan higienis. Anda bisa mendapatkan produk-produk kami  dengan sangat mudah baik secara offline di toko-toko terdekat maupun secara online melalui official store kami yang ada di TokopediaBukalapak, Shopee, Blibli, Lazada, dan Jd.id.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on print
Share on email