Proses Pengolahan Makanan Sayur Kalengan

Proses Pengolahan Makanan Sayur Kalengan

Anda pasti sudah tahu adanya pengolahan makanan daging dan buah dalam kaleng kan? Tapi pernahkah Anda mendengar produk inovasi terbaru yaitu sayur kalengan? Sayur yang diawetkan dalam kaleng steril produksi dari pabrik pengolahan makanan kaleng ini bisa Anda dapatkan di seluruh supermarket.

Tapi Anda juga harus paham bagaimana proses produksi kaleng ini. Apakah kandungan gizinya tetap sama dengan sayur segar? Bagaimana pula cara memilih sayur kalengan yang bagus untuk bahan masakan Anda?

 

Teknologi Pengolahan Makanan Kaleng pada Sayuran

Tempat produksi pengolahan makanan kaleng selalu menerapkan standar kebersihan yang tinggi dalam proses produksinya. Nutrisi pada sayur kalengan yang diproduksi dengan menjalankan standar GMP akan tetap terjaga. Proses produksinya  dimulai dari pemilihan bahan baku sampai pendistribusian.

1. Pemilihan Bahan Baku

Produk sayur kalengan harus terbuat dari bahan baku pilihan. Semakin bagus bahan yang digunakan, maka konsumen akan mendapatkan produk olahan berkualitas. Bahan baku sayur berasal dari mitra petani atau perusahaan perkebunan pilihan.

Mitra ini sengaja membudidayakan sayuran yang sesuai dengan standar produksi pengolahan makanan kaleng. Contohnya seperti PT SJAP yang mengambil langsung bahan sayuran segar dari mitranya PT Surya Agropratama dan petani di wilayah Bromo.

2. Proses Pemilahan dan Pencucian

Bahan baku yang sudah sampai di tempat produksi pengolahan makanan kaleng akan dilakukan beberapa perlakuan. Biasanya sayur akan disortir lebih dulu. Sayur yang berkualitas di bawah standar akan disingkirkan. Sayur yang memenuhi standar akan masuk ke alat pencucian. Semuanya dilakukan dengan mesin canggih.

3. Proses Persiapan Kemasan

Sebelum sayur menjalani proses produksi pengolahan makanan kaleng, pabrik ini akan menyiapkan kaleng kemasan lebih dulu. Proses persiapan kaleng ini cukup kompleks. Langkahnya mulai dari melapisi bagian permukaan, pemotongan, sampai penyatuan beberapa bagian.

  • Kaleng lebih dulu harus melewati proses coating atau printing. Pada proses ini kaleng akan dilapisi dengan bahan khusus, misalnya lapisan anti karat.
  • Proses shearing yaitu tahapan pemotongan kaleng. Biasanya kaleng akan dibagi menjadi beberapa bagian sesuai kebutuhan.
  • Proses pressing dan assembling dimana beberapa bagian kaleng akan disatukan kembali untuk membentuk kemasan yang utuh.
4. Proses Produksi

Jika kaleng sudah siap, maka langkah berikutnya adalah proses pengemasan makanan ini. Pabrik pengolahan makanan ini akan melakukan beberapa step berikut ini.

  • Menghitung volume pengisian pada kaleng. Isi maksimal harus 90% dari volume kaleng. Ruang 10% yang tersisa dalam kaleng disediakan jika bahan memuai ketika terkena suhu panas.
  • Sayuran akan mengalami proses blanching lebih dulu. Pada proses ini sayuran akan direndam dengan air mendidih dalam waktu tertentu.
  • Sayuran yang telah selesai melewati blanching kemudian akan ditambah dengan beberapa bahan pelengkap. Pada sayur kalengan biasanya ditambahkan larutan garam yang juga berfungsi sebagai pengawet.
  • Setelah itu sayur akan dimasukkan dalam kaleng. Kemudian kaleng akan ditutup/seaming dan disterilkan.
  • Proses sterilisasi biasanya menggunakan suhu yang tinggi. Jadi setelah proses sterilisasi, sayur kalengan akan didinginkan. Biasanya kaleng sayur akan masuk dalam mesin cooling.
  • Setelah itu biasanya kaleng akan ditempeli dengan label produk, tanggal expired, dan juga kode produksinya.
5. Proses Distribusi

Proses distribusi produk pengolahan makanan ini akan melakukan treatment khusus. Biasanya makanan kalengan ini akan dikemas dalam kardus khusus. Produk kemudian akan didistribusikan dengan truk atau mobil box. Tujuannya agar produk tidak terkena sinar matahari langsung.

 

Proses pengolahan makanan sayur kalengan harus ekstra bersih dan hati-hati. Prosesnya benar-benar diawasi mulai dari pemilihan bahan baku, produksi, sterilisasi, sampai distribusi. Pilihlah sayur kalengan yang diproduksi oleh perusahaan terpercaya PT Suryajaya Abadiperkasa agar Anda dapat produk berkualitas terbaik. Anda bisa mendapatkan produk Рproduk yang berkualitas ini dengan sangat mudah, karena sudah tersedia di toko Рtoko offline terdekat di kota Anda dan Official store kami yang ada pada Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli, Lazada, dan Jd.id.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on print
Share on email