Perlu Anda Tahu, Ini Dia Kandungan Nutrisi Makanan Kaleng

Perlu Anda Tahu, Ini Kandungan Nutrisi Dalam Makanan Kaleng

Makanan kaleng menjadi solusi bagi Anda yang ingin melakukan segala aktifitas dengan cepat. Apalagi jika Anda tidak memiliki banyak waktu dalam menyajikan masakan rumah yang enak. Maka, makanan siap saji dalam bentuk kalengan bisa menjadi alternatif Anda dalam menyajikan makanan.

Banyak yang beranggapan bahwa makanan ini tidak memiliki cukup nutrisi bagi tubuh. Padahal anggapan tersebut belum tentu benar. Agar Anda tidak salah dalam memahami, berikut ulasan kandungan nutrisi pada makanan dalam kemasan kaleng.

Mengenal Makanan Kaleng

Sebelum kita beranjak pada penjelasan nutrisi makanan kaleng, perlu Anda ketahui terlebih dahulu penjelasan mengenai makanan ini. Hal ini perlu Anda lakukan agar pemahaman Anda tentang makanan dalam kemasan kaleng yang praktis tidak setengah-setengah.

Dimulai dengan sejarah pengalengan makanan. Awal mula proses pengalengan makanan atau canning, sudah dilakukan sejak abad ke-18. Cara ini dilakukan karena dianggap bisa membantu dalam melakukan stok makanan dengan jangka waktu yang lama.

Untuk cara atau proses yang biasa dilakukan pada proses pengalengan sendiri, terbagi menjadi tiga langkah. Berikut langkah-langkah yang biasa dilakukan oleh penyedia jasa pengalengan, termasuk sjap.co.id.

1. Tahap pengolahan

Pada tahap ini, makanan akan melalui proses yang cukup panjang. Dimana makanan yang akan dikaleng, akan dilakukan pengupasan, pengirisan, cincang, pemotongan hingga akhirnya dimasak.

2. Tahap Seaming

Jika proses masak telah selesai, maka tahapan selanjutnya adalah tahap sealing. Maksud seaming disini adalah, makanan akan dimasukkan ke dalam kaleng yang telah disediakan. Jika semuanya telah dilakukan, tahap selanjutnya adalah penyegelan.

Sehingga dapat dikatakan bahwa tahap sealing ini merupakan tahapan pengemasan hingga penyegelan. Makanan yang telah disegel akan siap untuk menuju ke proses selanjutnya.

3. Tahap Pemanasan

Apabila makanan telah berhasil disegel, maka tahap selanjutnya adalah proses pemanasan. Proses ini harus segera dilakukan agar makanan bisa terhindar dari bakteri berbahaya yang menyebabkan pembusukan.

Makanan akan dipanaskan dengan suhu yang cukup tinggi. Sehingga dapat dipastikan tidak akan ada bakteri berbahaya yang akan masuk dalam makanan tersebut. Selain itu makanan juga akan bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Itulah beberapa tahapan yang akan digunakan untuk membuat makanan menjadi lebih praktis dan aman untuk dimakan. Selanjutnya akan ada bahasan mengenai kandungan nutrisi dari makanan ini.

Kandungan Nutrisi Makanan Kaleng

Siapa sangka, selain memberikan efesiensi waktu dalam memasak. Makanan ini juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak. Kandungan nutrisi seperti protein, karbohidrat dan lemak akan Anda dapatkan pada makanan ini.

Meskipun melalui pemanasan dengan suhu yang cukup tinggi, nyatanya tidak membuat susunan nutrisi tersebut menjadi rusak. Justru sebaliknya, beberapa jenis makanan menjadi tinggi nutrisinya setelah dilakukan pengalengan.

Hasil dari sebuah penelitian yang telah dilakukan beberapa ahli menunjukkan bahwa, orang yang makan makanan jenis ini menjadi kaya akan 17 nutrisi. Dimana mereka memakan makanan ini dengan intensitas 6 item atau lebih setiap minggunya.

Sedangkan pada seseorang yang memakan makanan dalam kemasan kaleng dengan intensitas 2 atau lebih per minggunya. Memiliki sedikit nutrisi dibandingkan yang memakan makanan kalengan dengan 6 item. Itulah bukti nyata bahwa makanan dalam kemasan kaleng memiliki kandungan banyak nutrisi.

Makanan Kaleng Praktis dan Terjangkau

Meskipun melalui beberapa proses yang cukup panjang, ternyata tidak membuat makanan ini menjadi mahal. Justru sebaliknya, makanan dalam kemasan kaleng menjadi lebih murah jika dibandingkan dengan makanan lainnya.

Selain itu, dengan adanya pengalengan makanan, akan lebih memungkinkan Anda untuk menikmati berbagai macam jenis makanan setiap tahunnya. Tak perlu khawatir akan stoknya yang habis karena tidak musimnya. Anda bisa menikmati semua jenis makanan sepanjang tahun karena pengalengan.

Sekarang kembali lagi kepada Anda. Tidak ada salahnya untuk mencoba membeli makanan kaleng ala masakan rumah yang disediakan sjap.co.id. Ada berbagai macam produk yang bisa Anda coba untuk dinikmati bersama keluarga. Beberapa jenis makanan kaleng, bisa Anda dapatkan di Cip Official Store yang ada di sejumlah marketplace Indonesia seperti TokopediaBukalapak, Shopee, Blibli, Lazada, dan Jd.id

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on print
Share on email