Pengolahan Makanan untuk Ransum dan Kondisi Bencana

Pengolahan Makanan untuk Ransum dan Kondisi Bencana

Pabrik pengolahan makanan ini memproduksi makanan kaleng yang biasanya dibawa oleh pasukan TNI dan BNPB saat bertugas. Begitu juga saat ada kondisi bencana, BNPB akan mengirimkan makanan siap saji yang tak perlu harus diolah lebih dulu. Selain faktor praktis, makanan ransum ini juga tetap terasa enak dan layak konsumsi.

Selain BNPB dan TNI, pemerintah Indonesia khususnya Kemensos juga sering membagikan ransum. Produk makanan kemasan ini diproduksi oleh perusahaan pengolahan makanan besar. Makanan siap saji ini sudah melalui standar mutu yang tinggi dan tetap memperhatikan segi kualitas.

 

Mengenal Manfaat Pengolahan Makanan untuk Ransum dan Makanan Siap Saji

Salah satu produk dari Pabrik Pengolahan Makanan yaitu Ransum. Ransum adalah makanan kemasan (biasanya dalam kaleng) yang dulunya khusus digunakan terbatas pada instansi TNI dan kepolisian. Ransum menjadi makanan olahan siap saji yang dibawa pasukan saat melakukan patrol atau operasi.

Tapi kini bukan hanya TNI dan kepolisian saja yang menggunakan ransum. Beberapa Lembaga pemerintah lainnya juga menggunakan ransum untuk berbagai keperluan. BPBD misalnya selalu membutuhkan ransum baik untuk anggotanya saat bertugas atau untuk korban bencana.

1. Manfaat Ransum

Proses produksi pengolahan makanan ransum ternyata tidak sembarangan. Meskipun perusahaan besar seperti PT SJAP sudah menjadi mitra resmi untuk produksi ransum, tapi prosesnya tetap harus sesuai standar operasional TNI.

Makanan ransum harus terbuat dari bahan pilihan, bebas MSG, dan bebas zat berbahaya. Bentuk ransum memang mungil sekitar 400 gram perkalengnya. Tapi ternyata kandungan kalorinya cukup tinggi. Satu kaleng ransum biasanya mengandung 700 – 900 gram kalori.

Kebutuhan kalori ini tentu saja harus sesuai dengan kegiatan TNI yang super berat. Uniknya lagi kini ransum kalengan sudah ada banyak varian rasa. Pabrik pengolahan makanan ini sudah memproduksi sekitar 12 item ransum makanan berat untuk TNI-AU.

Umumnya dalam 1 porsi ransum makanan berat, ada nutrisi karbohidrat, lemak, dan juga protein. Kemudian jenis ransum lainnya seperti bubur dan biskuit mengandung nutrisi karbohidrat yang tinggi. Ransum makanan berat biasanya punya citarasa masakan khas Indonesia.

2. Manfaat Makanan Siap Saji

Berbeda dengan ransum, istilah makanan siap saji atau Ready to Eat (RTE) yang di produksi oleh pabrik pengolahan makanan punya varian yang lebih beragam. Kandungan nutrisinya juga disesuaikan dengan keperluan konsumen. Saat ini RTE banyak digunakan untuk korban bencana di Indonesia.

Makanan siap saji seperti ini mungkin jarang diminati pada kondisi umum. Tapi pengolahan makanan RTE sangat dibutuhkan terutama jika terjadi kondisi sebagai berikut:

  • Saat tim evakuasi dari BNPB melakukan operasi di lapangan. Makanan kalengan siap saji bisa membantu mereka menghemat tenaga dan waktu tanpa perlu memasak lagi.
  • Ketika suatu daerah mengalami bencana alam, maka tip BNPB dan Kemensos biasanya akan mendistribusikan RTE. Korban bencana yang tinggal di tenda darurat biasanya tak punya prasarana untuk memasak. Jadi makanan RTE dianggap opsi paling tepat.
  • Kemensos RI juga menyalurkan RTE aneka varian untuk menanggulangi kemiskinan atau bencana kelaparan di suatu daerah.

Varian Ransum dan Makanan Siap Saji

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, makanan RTE pun kini sudah ada dalam banyak varian rasa. Proses produksinya disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia. Karena itulah pabrik pengolahan makanan seperti PT SJAP memproduksi varian RTE seperti:

– Nasi rendang.

– Nasi rawon.

– Nasi gudeg.

– Nasi rica-rica daging.

– Nasi tumis jamur.

– Nasi sambal goreng.

– Kornet daging.

– Nasi semur ayam.

– Nasi sarden.

 

Sebenarnya masih banyak varian lain yang dibuat oleh pabrik pengolahan makanan PT Suryajaya Abadiperkasa . Selain varian yang beragam, ransum dan RTE harus memperhatikan kualitas dan juga nutrisinya. Tujuannya agar konsumen tetap dapat nutrisi yang seimbang layaknya ketika mengkonsumsi makanan biasa. Apabila Anda penasaran dengan produk – produk dari pabrik pengalengan makanan ini, bisa anda dapatkan dengan mudah baik secara offline di toko-toko terdekat maupun secara online melalui Official Store yang ada di TokopediaBukalapak, Shopee, Blibli, Lazada, dan Jd.id.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on print
Share on email