Tahapan Pengalengan pada Makanan yang Memenuhi Standar Keamanan Pangan

Pengalengan Makanan yang Memenuhi Standar

Pengolahan makanan dengan kemasan kaleng arus melewati serangkaian proses sesuai standar seperti yang telah ditetapkan. Hal itu bertujuan untuk mengetahui makanan layak edar serta aman dikonsumsi oleh masyarakat luas.
Produk harus melewati proses tersebut supaya pada setiap produk yang dijual untuk masyarakat luas di pasaran aman dan bermanfaat ketika dikonsumsi. Sehingga kemasan makanan harus dirancang dengan sebaik-baiknya, demi menjaga bahan-bahan baku tetap dalam kondisi fresh.

Serangkaian Tahapan pada Pengalengan Makanan

1. Mempersiapkan Kemasan Kaleng yang Hendak Dipakai Terlebih Dahulu

Kemasan pada produk perlu disiapkan terlebih dulu, karena akan berperan sebagai wadah pada produk. Adapun langkah-langkah pada tahapan pertama yaitu di antaranya seperti:

  • Coating atau Printing
    Pada proses printing, langkah yang dilakukan berupa pemberian pelindung terhadap bahan kaleng. Hal itu dilakukan supaya bahan untuk kaleng tahap karat, serta mampu mencegah dari terjadinya reaksi di antara kemasan dan produk yang mungkin saja terjadi.
  • Shearing atau Slitting
    Proses shearing adalah proses pemotongan pada kaleng menjadi beberapa komponen maupun bodi yang disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Pressing Component
    Pada proses pressing component, kaleng melewati proses pembentukan yang lebih rinci. Misalnya seperti tutup untuk bagian bawah dan atas kemasan kaleng.
  • Assembling
    Proses assembling adalah body yang disatukan kembali dengan tutup hasil dari proses pressing component, supaya wadah tersebut bisa dipakai langsung.
2. Mempersiapkan Bahan-Bahan Mentah
  • Grading
    Tahap grading merupakan pemisahan pada bahan mentah yang disesuaikan dengan warna, ukuran, serta berat jernih supaya dapat diolah disesuaikan kebutuhan.
  • Pembersihan Bahan
    Bahan-bahan yang telah terpilih akan dibersihkan pada proses ini, supaya kualitas bahannya bagus ketika diolah.
  • Pengupasan
    Pengupasan adalah proses membuang bagian-bagian yang tidak akan dipakai, contohnya ketika ada cacat pada bagian tertentu pada bahan.
  • Blanching
    Bahan-bahan yang hendak dipakai akan melalui proses perendaman dan dikeringkan terlebih dahulu sebelum masuk ke proses pengalengan pada pabrik pengolahan makanan.
  • Penambahan Bahan yang Khusus
    Proses penambahan bahan khusus bertujuan untuk meningkatkan cita rasa pada bahan utama, contohnya seperti pemberian larutan sirup, larutan garam, dan sebagainya. Penambahan tersebut disesuaikan produk yang hendak diproduksi.
3. Pengisian Produk ke Dalam Kemasan Kaleng

Kemasan kaleng akan diisi dengan suatu produk, namun tidak terlalu penuh serta menyisakan ruangan dengan persentase 10% dari kapasitas kaleng tersebut. Hal itu dilakukan untuk pemberian ruangan ketika proses sterilisasi.

4. Pengalengan pada Makanan
  • Exhausting
    Ruangan kosong yang disisakan pada proses sebelumnya, udara dalam kemasan akan dibuang supaya dapat lebih kedap. Selain itu produk di dalam kemasan pun seolah-olah tervakum, hal tersebut dilakukan supaya bahan bakunya dapat tetap awet.
  • Sealing
    Sealing adalah proses penutupan wadah kaleng dengan sistem kunci, supaya produk terjadi kebocoran atau kerusakan ketika sterilisasi sampai produk siap untuk dipasarkan. Pada proses ini pun kemasan akan dicuci, serta diberikan kode seperti tanggal pembuatan & expired produk.
  • Sterilisasi
    Wadah yang telah terisi produk kemudian akan dipanaskan pada suhu yang mencapai 121º berdurasi waktu 20 s.d. 40 menit. Sterilisasi bertujuan menghilangkan bakteri yang menyebabkan kerusakan pada produk.
  • Cooling
    Proses pendinginan atau cooling dilakukan bertujuan untuk mencegah tumbuhnya spora serta over cooking. Hal itu dilakukan supaya kualitas produk terjamin dan tetap bagus.

Sistem pengalengan pada kemasan makanan memang sudah seharusnya diperhatikan dengan teliti secara keseluruhannya, supaya nutrisi yang terkandung di dalamnya tetap terjaga. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Produk pengalengan makanan dari PT Suryajaya Abadiperkasa bisa langsung kunjungi website kami di https://sjap.co.id/. Dan buat anda yang bingung cara mendapatkan produk – produk dari PT Suryajaya Abadiperkasa, kini produk kami sudah tersedia di  TokopediaBukalapak, Shopee, Blibli, dan Lazada.

 

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on print
Share on email