Mengenal Lebih Dekat Tentang Pengalengan Makanan

Mengenal Lebih Dekat Tentang Pengalengan Makanan

Makanan dalam kaleng atau sering disebut makanan kaleng, pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda. Banyak sekali jenis makanan yang dikemas dalam bentuk kaleng. Tentunya pemilihan pengalengan makanan ini memiliki tujuan khusus.

Kaleng adalah material yang tahan banting dan kedap udara. Hal ini menjadikan kaleng sebagai pilihan tepat dalam proses pengemasan makanan agar lebih awet dan higienis. Makanan yang disimpan dalam kaleng juga akan terhindar dari kontaminasi kotoran dan bakteri yang merusaknya.

 

Apa Itu Proses Pengalengan Makanan

1. Pengertian Pengalengan

Secara umum, yang dimaksud dengan pengalengan adalah suatu teknik dalam pengemasan atau penyimpanan produk pangan yang berupa kaleng. Pada proses pengalengan ini terdapat tahapan hermetis, yaitu sebuah proses menjaga agar produk kedap udara, kedap air, dan bebas dari mikroba.

Prinsip utama dalam proses pengalengan ini yaitu metode pengawetan dan juga penyimpanan pangan, dengan tujuan untuk membunuh mikroba yang ada didalamnya. Semua proses pengalengan juga disertai proses sterilisasi agar mikroba mati.

2. Penggunaan Kaleng Sebagai Kemasan

Kaleng merupakan sejenis wadah yang terbuat dari logam seperti plat timah atau aluminium. Kaleng ini dijadikan pembungkus dengan sifatnya yang kokoh dan menjadi metode baru dalam pengawetan makanan atau produk olahan lainnya.

Kemasan kaleng ini biasanya dilapisi dengan timah putih dan juga bahan pelapis lain dengan perlindungan tertentu. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi reaksi yang bisa menyebabkan kaleng mengalami korosi dan kebocoran.

Bahan pelapis kaleng yang digunakan tidak boleh mempengaruhi rasa dan aroma makanan di dalamnya. Bahan ini juga tidak akan memberikan dampak buruk pada produk. Beberapa bahan yang sering digunakan seperti phenolic, epoxy resin, vinil, dan epoxy ester oleo risin.

3. Karakteristik Kaleng

Kemasan kaleng tentu berbeda dengan jenis kemasan yang lainnya. Bagi pabrik pengolahan makanan, kaleng menjadi pilihan tepat untuk menjaga makanan agar lebih awet. Ada beberapa karakteristik dari kaleng itu sendiri. Berikut adalah uraiannya.

  • Kaleng tidak mudah terurai atau bersifat non biodegradable.
  • Dapat dipanaskan kembali.
  • Membutuhkan pelapisan yang disesuaikan dengan produk yang akan dikemas.
  • Memerlukan sambungan dan juga penutup untuk membentuknya menjadi wadah.
  • Memiliki sifat konduktor yang tinggi dan tidak transparan.
  • Bentuknya kaku, tetap, dan memiliki kerapatan yang berbeda.

4. Proses Umum Pengalengan Makanan

Setiap produk makanan atau bahan lain yang akan dikalengkan, terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui. Secara umum tahapan tersebut terdiri dari 4 langkah. Untuk lebih jelasnya silahkan cek uraian dibawah ini.

a. Tahap I

Tahap ini meliputi persiapan kemasan. Kaleng akan dibersihkan dan juga diberikan kode tertentu. Hal ini untuk menjamin agar kemasan dalam keadaan bersih dan layak untuk wadah makanan yang diawetkan.

b. Tahap II

Tahap selanjutnya adalah persiapan bahan mentah sebagai bahan baku makanan. Pemilihan bahan mentah juga akan menentukan kualitas produk yang dihasilkan. Biasanya tahapan ini melibatkan tenaga khusus untuk uji kelayakan.

c. Tahap III

Setelah semua bahan dan wadah siap, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengisian pada kaleng. Makanan yang dimasukkan ke dalam kaleng tidak boleh terlalu penuh, sebab masih ada tahap sterilisasi yang memungkinkan pengembangan isi.

d. Tahap IV

Tahapan yang terakhir adalah tahap pengalengan. Dalam proses ini kaleng makanan akan mengalami exhausting atau proses pembuangan udara, sealing yaitu penutupan wadah, sterilisasi adalah pemanasan wadah, dan yang terakhir adalah cooling atau pendinginan.

 

Ketika Anda hendak mengkonsumsi makanan dalam kaleng, cek terlebih dahulu kode dan tanggal kadaluarsa yang tercetak. Pastikan memilih makanan yang berkualitas dan terjamin mutunya. Pengolahan makanan dalam kaleng juga perlu diperhatikan untuk mempertahankan nutrisi didalamnya. Oleh karena itu, pilihlah pabrik pengalengan makanan yang benar-benar memenuhi standar di atas, seperti PT Suryajaya Abadiperkasa. Bagi Anda yang penasaran dengan produk dari PT. Suryajaya Abadiperkasa tapi bingung membelinya dimana, bisa langsung melalui Official Store kami yang ada di TokopediaBukalapak, Shopee, Blibli, Lazada, dan Jd.id. Ataupun bisa juga Anda dapatkan di Toko – toko terdekat di kota Anda.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on print
Share on email