Jadi Begini Proses Pengalengan Makanan! Simak Penjelasannya Berikut ini!

Jadi Begini Proses Pengalengan Makanan! Simak Berikut ini!

Dengan kemajuan zaman, kebutuhan makanan kemasan menjadi semakin meningkat. Pengalengan makanan dengan cara diawetkan ini memang bukan barang baru. Kebutuhan akan makanan yang bisa dibawa jauh tanpa kerusakan adalah kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan.

Banyak cara dibuat oleh produsen pengalengan makanan untuk menghapus citra negatif dari makanan olahan yang terlanjur melekat di masyarakat. Agar tidak terjebak dengan stigma makanan siap saji, maka ada baiknya mengetahui tahapan dalam mengolah makanan menjadi makanan kalengan.

5 Tahap Pengalengan Makanan Di Pabrik

Untuk mengolah bahan mentah menjadi bahan jadi di dalam kemasan kaleng tentu tidak bisa secara instan. Harus ada prosedur dan juga proses yang dilalui untuk pengalengan makanan. Hal ini semata demi kepuasan konsumen dan melindungi mereka dari kontaminasi bakteri yang tidak diinginkan.

1. Tahap Exhausting

Wadah yang akan digunakan untuk kemasan harus proses pengeluaran gas atau udara terlebih dahulu. Tujuan dari proses ini adalah pencegahan terjadinya karat dan juga kenaikan tekanan udara yang melebihi standar.

Proses pengeluaran udara menggunakan tenaga panas atau yang dikenal dengan exhausting termal. Wadan yang akan digunakan akan diisi menggunakan bahan yang sudah terlebih dulu melalui proses pemanasan. Jika sudah, maka kemasan akan melalui proses sealing atau penutupan.

2. Tahap Seaming

Jika sudah dihilangkan udara yang ada di dalam wadah, maka tahap pengalengan makanan selanjutnya adalah menutup kemasan atau seaming. Tujuan dari proses ini adalah mencegah udara kembali masuk. Selain itu juga agar wadah tetap bersih dan tidak terkontaminasi bakteri.

Sebelum penutupan, maka wadah akan diperiksa terlebih dulu. Tujuan dari pemeriksaan ini adalah memastikan head space wadah tidak melanggar aturan yang sudah tertulis. Kemasan harus benar-benar sesuai dengan standar keamanan demi keamanan konsumen.

Pembersihan kemasan tentunya menggunakan air panas yang diberikan campuran larutan H2PO4 yang dibilas dengan air hingga benar-benar bersih.

3. Tahap Sterilisasi

Tujuan dari proses sterilisasi pada pengalengan makanan bukan hanya untuk membuang sisa bahan yang masih menempel pada wadah, tetapi juga untuk mencegah perkembangan bakteri. Proses sterilisasi menggunakan campuran air dan larutan H2PO4.

Larutan tersebut harus dalam keadaan panas saat kemasan dimasukkan ke dalamnya. Suhu dan waktu pembersihan sudah diatur dan distandarisasi sesuai ketentuan. Berbeda jenis makanan makan suhu yang digunakan juga akan berbeda.

4. Tahap Cooling

Makanan kemasan yang sudah melalui proses sterilisasi pasti panas karena direndam dalam suhu tertentu. Maka proses selanjutnya yang harus dilalui adalah pendinginan. Tujuan dari proses ini bukan hanya untuk mendinginkan produk tetapi juga untuk mencegah tumbuhnya spora bakteri.

Itulah sebabnya makanan yang diawetkan selalu harus disimpan dalam lemari es dan tetap dibiarkan beku. Cara ini juga yang dipakai dalam proses pendinginan. Makanan kemasan akan dimasukkan ke dalam ruangan bersuhu rendah.

Dengan pendinginan, maka partikel air yang masih tertinggal di kemasan akan menguap. Hal ini juga mencegah terjadinya pengeroposan karena karat. Dengan kata lain, proses pendinginan juga bertujuan untuk mengurangi risiko korosi.

5. Tahap Finishing

Dalam proses pembuatan makanan kemasan dalam skala besar, pasti ada faktor risiko yang terjadi, salah satunya adalah kerusakan produk karena berbagai alasan. Maka walaupun sudah melalui prosedur yang benar, produk tetap harus menjalani pemeriksaan akhir.

Di dalam pemeriksaan ini, produk akan dipastikan kelayakannya, bukan hanya kemasan tapi juga suhu dan lain sebagainya. Jika sudah layak, maka produk akan diedarkan ke masyarakat.

Salah satu pabrik pengolahan makanan yang sudah terpercaya adalah PT Suryajaya Abadiperkasa. Anda dapat membeli mulai dari produk daging olahan, sayur olahan, makanan siap saji hingga jasa untuk pengalengan qurban. Anda bisa langsung ke supermarket terdekat di kota Anda atau bisa juga melalui Cip Official Store yang ada di TokopediaBukalapak, Shopee, Blibli, Lazada, dan Jd.id.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on print
Share on email