Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Produk Pengolahan Makanan Yang Baik

Hal Yang Harus Diperhatikan Memilih Produk Pengolahan Makanan

Sedikit banyaknya bidang pengolahan makanan saat ini dipengaruhi dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin meningkat. Banyak sekali di pasaran menjual bentuk makanan olahan instan, sehingga membuat semakin maraknya makanan yang diolah secara praktis.

Baik itu, kornet kalengan, sarden kalengan, dan sosis menjadi salah satu jenis contoh makanan yang diolah secara praktis. Hal ini tentunya harus melalui berbagai macam proses sebelum akhirnya layak diedarkan di pasaran, semua makanan yang diolah secara praktis ini dalam bentuk kaleng.

Namun, Anda harus selalu waspada dengan berbagai macam makanan olahan instan yang beredar untuk konsumen di pasaran. Anda harus memahami beberapa hal dibawah ini agar bisa berhati-hati.

 

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Produk Pengolahan Makanan

Agar selalu berhati-hati dengan berbagai produk makanan olahan dalam kaleng, Anda harus bisa memperhatikan beberapa hal.  Dibawah ini penjelasan yang wajib Anda ketahui.

1. Cek Kode Izin Edar

Pabrik pengolahan makanan harus memiliki nomor izin edar agar terbukti sebagai makanan olahan yang baik. Kelayakan produk minuman atau makanan olahan tersebut sangat berpengaruh. Adanya izin edar pada produk olahan makanan akan membuktikan lebih aman.

BPOM RI ini sudah memberikan kode izin edarnya. Biasanya akan mempunyai nomor unik yang ada di bagian kemasannya, semua produk olahan yang sudah diseleksi oleh BPOM.

Setiap produk memiliki inisial kode, selain memiliki nomor unik tersebut. MD dan ML ini merupakan inisial kode tersebut. MD digunakan untuk semua produk lokal, sedang ML digunakan untuk produk luar negeri.

 

2. Pilih Kemasan Yang Ada Di Dalam Pendingin

Makanan akan lebih awet kualitasnya jika disimpan dalam mesin pendingin. Demi menjaga kualitas produk pengolahan makanan yang dijual di dalamnya, banyak sekali tempat belanja swalayan yang menggunakan ruang ber-AC.

Kaleng yang rusak ini akan membuat kandungan pada kaleng terkontaminasi kualitas makanan olahan yang ada di dalam kaleng, maka dari itu Anda harus mengetahui bahwa makanan kemasan yang ada dalam kaleng berada di dalam suhu yang tinggi.

 

3. Cek Kondisi Kemasan Masih Sempurna

Hal yang sangat berpengaruh terhadap kualitas makanan yang ada di dalam kaleng disebut dengan kemasan. Hal ini tentunya akan membawa kontaminasi buruk terhadap zat yang ada pada makanan tersebut, jika kaleng terlihat dalam kondisi berkarat.

Hal ini juga bisa mempengaruhi kualitas makanan yang ada dalam kemasan, walaupun kondisi kaleng tersebut dalam keadaan penyok atau kembung.

 

4. Pastikan Tanggal Kadaluarsa Masih Lama

Anda harus melihat terlebih dahulu masa kadaluarsa pada kemasan  produk pengolahan makanan, cara yang satu ini sangat mudah dengan melihat kalengnya. Tanggal kadaluarsa bisa dicari dan dicek dengan baik.

Tanggal kadaluarsa yang harus Anda perhatikan tidak hanya itu saja. Tanggal ini tercetak secara permanen pada kaleng, Anda harus bisa memastikannya.

Sebaiknya Anda jangan membeli produk tersebut, namun harus mengetahui tanggal kadaluarsa yang hanya mencantumkan stiker biasa. Tanggal kadaluarsa ini hanya dibuat-buat dan tidak pasti mengenai tanggal yang pelit jadi harus diperhatikan dengan baik.

 

Pabrik pengolahan makanan yang saat ini sudah beroperasi dan sejak lama adalah PT. SJAP. Anda dapat langsung mengunjungi website sjap.co.id, agar mengetahui produk pengalengan makanan apa saja yang diproduksi.

Bagi Anda Yang ingin membeli online juga bisa melalui TokopediaBukalapak, Shopee, Blibli, Lazada, dan Jd.id.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on print
Share on email