Fungsi Pengalengan Makanan pada Produk Tertentu

Fungsi Pengalengan Makanan pada Produk

Pengalengan jadi opsi terbaik untuk melindungi produk terutama produk makanan ala pabrik pengolahan  makanan. Teknologi pengalengan yang dipakai pun tidak sembarangan. Harus mengikuti standar tertentu seperti harus mengikuti proses GMP, HACCP dan sistem jaminan mutu lainnya.

GMP atau Good Manufacturing Practices merupakan  standar utama yang harus dijalankan sebuah pabrik dalam proses pengalengan makanan. Diikuti dengan penerapan HACCP atau Hazard Analysis of Critical Control Point yang ketat untuk menjamin kualitas dan keamanan produk tetap terjamin hingga sampai ke tangan konsumen.

Kenapa Menggunakan Sistem Pengalengan?

Dari sekian banyak proses akhir pengolahan makanan, kenapa kebanyakan memilih sistem pengalengan? Padahal modal yang dikeluarkan bisa jadi lebih besar untuk satu kali produksi saja. Perlu diketahui, berikut beberapa alasan yang mendasari penggunaan sistem pengalengan makanan.

1. Agar Produk Tahan Lama

Pertama, pengalengan makanan dimaksudkan agar produk olahan lebih tahan lama. Sebab, kebanyakan konsumen menjadikan sebuah produk sebagai stok untuk menu makan dalam jangka waktu yang lama. Contohnya bisa dilihat dari menu makanan tentara yang dikemas dalam kaleng.

Tidak jauh, makanan olahan untuk rumah tangga juga ikut menggunakan pengalengan sebagai sistem pembungkusan produk. Seperti halnya pada kornet, buah kaleng hingga acar biasa dipasarkan dengan bungkus kaleng. Kemasan kaleng dapat mempertahankan kualitas produk didalamnya.

2. Lebih Tahan Kontaminasi Bakteri

Bahan kaleng yang cukup kuat dan tahan banting selain cocok digunakan untuk industri listrik ternyata cocok juga digunakan untuk industri makanan. Tentunya dengan menerapkan sistem terintegrasi agar makanan layak konsumsi.

Pengalengan makanan bisa meminimalisir kontaminasi terhadap bakteri atau bahkan jamur yang bisa berasal dari mana saja. Dengan pemakaian kemasan berbahan kaleng, produsen tak lagi memerlukan bahan tambahan pangan yang terlampau banyak untuk mempertahankan kualitas produknya.

3. Higienitas Kemasan Lebih Terjaga

Lapisan pembungkus yang berupa kaleng steril dapat menjaga produk di dalamnya dari kotoran di luar saat proses distribusi. Bahkan kebersihannya bisa terjaga hingga ke tangan pelanggan. Selain ketahanan nutrisi yang terkandung tetap terjaga karena jauh dari paparan langsung sinar matahari.

Makanan dengan nutrisi terjaga bisa jadi andalan untuk menu sehari hari keluarga. Begitu pula dengan kemasan yang lebih bersih, membuat konsumen bisa tenang. Terlebih bisa terjauh dari penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan. Tak heran proses pengalengan makanan  lebih diminati.

4. Sensasi Rasa yang Tetap Terjaga

Tidak jarang konsumen mengeluhkan soal rasa yang semakin lama berkurang kala produk hampir mendekati masa kadaluarsa. Dimana produk makanannya tidak sama dengan produk lainnya yang sebelumnya telah dicoba. Perubahan rasa ini bisa disebabkan oleh pengemasan makanan yang tidak baik.

Beberapa diantaranya mengemas dengan kemasan yang transparan. Otomatis makanan akan terpapar sinar dan mengalami penguapan. Kontaminasi oleh zat kimia plastik juga bisa memungkinkan terjadi. Berbeda dengan proses pengalengan makanan, rasa produk makanan akan lebih terjamin.

5. Memungkinkan Pemasaran Mancanegara

Kerangka kemasan pada pengalengan makanan lebih tahan lama memungkinkan pemasaran bahan makanan olahan yang lebih jauh bahkan hingga mancanegara. Selain tahan banting, produk makanan juga bisa lebih tahan lama hingga sampai di tangan konsumen.

Nilai penjualan pun bisa ditingkatkan. Karenanya tidak heran bila Anda menemukan produk olahan makanan dengan menggunakan proses pengalengan makanan dengan harga yang lebih tinggi. Tidak semata mata karena materialnya yang tahan lama.

Mengemas dengan bahan kaleng yang sesuai dengan standar kini memang sedang menjadi pilihan utama konsumen. Selain bisa dijadikan bahan stok makanan Anda juga bisa menerima nutrisi makanan yang tetap terjaga. Ingin informasi lebih beragam? Segera kunjungi laman https://sjap.co.id/ . Atau jika anda penasaran dengan produk – produk kami bisa langsung di akses secara online melalui official store kami di TokopediaBukalapak, dan Shopee

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on print
Share on email