Cara Aman Konsumsi Makanan Kaleng Ala Rumahan

Cara Aman Konsumsi Makanan Kaleng Ala Rumahan

Menjadi makanan yang praktis dan siap santap, membuat makanan kaleng banyak diburu oleh masyarakat. Namun, keadaan tersebut menjadi berbeda saat banyaknya informasi yang menjelaskan tentang bahayanya makanan dalam kemasan kaleng.

Supaya Anda tetap bisa menikmati makanan yang dikemas dalam kaleng ala masakan rumah. Anda bisa melakukan cara ini untuk menjaga kualitas dari makanan yang akan Anda makan.

Fakta Makanan Kaleng

Saat ini banyak orang yang beranggapan bahwa makanan yang dikemas dalam kaleng adalah jenis makanan yang tidak bergizi. Pendapat ini didasari dari proses pengawetan yang dilakukan saat melakukan pengalengan makanan.

Padahal tidak sepenuhnya informasi tersebut dapat dibenarkan. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian dari ahli yaitu Kayla McDonell, RD yang merupakan seorang ahli nutisi. Beliau mengatakan bahwa proses pengawetan yang dilakukan saat proses pengalengan, justru memiliki banyak nutrisi.

Kandungan protein, lemak dan karbohidrat dalam makanan akan tetap utuh meskipun mengalami proses pengalengan. Selain itu, beberapa jenis vitamin seperti A, D, E dan K juga akan tetap bertahan dalam makanan.

Jenis nutrisi yang esensial tersebut, akan tetap Anda dapatkan saat memakan masakan kalengan. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda sesekali mengkonsumsi masakan rumah yang telah diolah dalam bentuk kalengan.

Supaya makanan yang Anda makan tetap dalam keadaan aman, Anda bisa melakukan beberapa cara tertentu. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan cara aman dalam mengkonsumsi makanan kalengan berikut ini.

Cara Aman Konsumsi Makanan Kalengan

Apabila Anda masih ragu untuk memakan makanan kaleng, tidak ada salahnya untuk menggunakan cara berikut ini agar yang dimakan tetap aman.

1. Memiliki Kondisi Fisik Baik

Untuk memastikan makanan yang akan Anda makan dalam kondisi aman. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memastikan kondisi tersebut dalam keadaan baik. Jangan sampai Anda menemukan adanya kerusakan seperti penyok, karat, bocor atau lainnya pada bagian kaleng.

Dikhawatirkan jika ada kerusakan, bisa memungkinkan adanya bakteri yang masuk ke dalam makanan tersebut. Maka dari itu, langkah awal ini wajib untuk Anda lakukan agar Anda terhindar dari mengkonsumsi makanan yang tidak baik.

2. Tiriskan Makanan Kaleng

Makanan olahan yang dikemas dalam kaleng, biasanya akan direndam dengan cairan natrium dan juga gula dengan kadar tinggi. Tidak perlu khawatir, karena fungsi dari kedua zat tersebut adalah untuk mengawetkan.

Namun jika Anda ingin makan dalam keadaan fresh, Anda bisa membuang rendaman air tersebut untuk kemudian membuat bumbu baru. Jadi, Anda tetap bisa memakan makanan dalam kemasan ala masakan rumah.

3. Memasak Kembali

Sebenarnya makanan kaleng disajikan untuk siap makan. Namun, jika Anda berkeinginan untuk memasaknya terlebih dahulu, bukanlah suatu masalah. Justru makanan yang akan Anda buat akan terasa lebih lezat.

Selain itu, pada beberapa jenis makan seperti olahan daging dan seafood, memang sebaiknya Anda masak terlebih dahulu. Hal ini akan membantu Anda agar terhindar dari bakteri yang berbahaya.

4. Memindahkan Makanan yang Tak Habis

Ada beberapa jenis makanan dalam kemasan kaleng yang tidak bisa dihabiskan dalam sekejap. Beberapa jenis makanan tersebut seperti; kornet, sup dan manisan buah.

Apabila Anda tidak bisa menghabiskannya, maka janganlah Anda menggunakan kaleng tersebut untuk wadah. Pindahkanlah makanan tersebut kedalam wadah lain yang sekiranya kedap akan udara. Cara tersebut lebih baik untuk Anda lakukan dibandingkan menggunakan kaleng bawaan.

Cara yang telah disebutkan di atas, bisa Anda lakukan ketika memakan makanan kaleng. Jika sesekali Anda tertarik untuk memakan makanan kemasan kaleng, tidak ada salahnya untuk membeli di sjap.co.id atau bisa juga melalui Cip Official Store yang ada di TokopediaBukalapak, Shopee, Blibli, Lazada, dan Jd.id. Kebersihan makanan yang dikonsumsi dapat terjamin jika melakukan pembelian ditempat ini.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on print
Share on email